Thursday 25 February 2016

RPP SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR KELAS V

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SILKUS 1I

Nama Sekolah    : SD Negeri.........
Mata Pelajaran   : Matematika
Kelas                    : V
Semester              : 2 (genap)
Alokasi Waktu    : 3 x 35 menit


Standar Kompetensi             : Memahami sifat-sifat bangun datar

Kompetensi Dasar                 : Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar

Indikator                                : ­­- Menentukan sifat-sifat bangun datar segi empat  
                                                     (jajar genjang dan belah ketupat)
                                                   - Menjelaskan sifat-sifat bagun datar segi empat 
                                                     (jajar genjang dan belah ketupat)
 


I.         Tujuan  Pembelajaran
a.       Siswa dapat menentukan sifat-sifat bangun datar jajar genjang
b.      Siswa dapat menentukan sifat-sifat bangun datar belah ketupat
c.       Siswa dapat menentukan sifat-sifat bangun datar jajar genjang
d.      Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat bangun datar belah ketupat
11.   Materi Pokok
                                                 Sifat-sifat Bangun Datar
         Bangun datar adalah bangun dua dimensi yang beraturan dan merupakan bagian dari geometri. Sifat-sifat bangun datar merupakan ciri-ciri khas dari bangun datar itu sendiri setiap bangun datar mempunyai sifatnya masing-masing. Jajar genjang adalah suatu bangun datar yang dibentuk oleh segitiga dengan bayangannya jika diputar setengah putaran pada salah satu sisi yang dimilikinya.
 



 Sifat – sifatnya adalah :
        a. Sisi - sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar
   b. Sudut – sudut yang berhadapan sama besar
        c. Jumlah besar sudut – sudut yang berdekatan adalah 1800
   d. Kedua diagonal saling membagi dua sama panjang
       Belah ketupat adalah bangun datar yang dibentuk dari gabungan segitiga  sama kaki dan bayangannya setelah dicerminkan terhadap alasnya.
                                         




  Sifat – sifatnya :
     a. Semua sisinya sama panjang
      b. Sudut – sudut yang berhadapan sama besar dan dibagi dua sama besar oleh diagonal-diagona
  c. Kedua diagonal merupakan sumbu   simetri
        d. Kedua diagonal saling membagi dua sama panjang dan saling berpotongan tegak lurus

111. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
 Pendekatan         : Eksplorasi Matematika                                                                 
 Metode                : Ekspositori, demonstrasi, diskusi, tanya jawab

1V. Kegiatan pembelajaran
a.     Kegiatan Awal (±10 menit)
1. Guru membuka pembelajaran dengan menyapa siswa dengan salam
2. Guru memberikan motivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar      matematika dengan menyanyilan lagu ’Bangun Datar’
3. Guru memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
4. Apa yang kalian ketahui tentang jajar genjang?
5. Apa yang kalian ketahui tantang belah ketupat?.
6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b.     Kegiatan Inti ((±75 menit)
1. Tahap 1 ( Diawali dengan masalah)
a.       Guru menyajikan masalah berupa pertanyaan tentang sifat-sifat bangun datar yang menarik dan menantang bagi siswa, yaitu :
 


Jelaskan sifat-sifat bangun datar di samping!

b.      Guru mengarahkan siswa untuk menjawab soal tersebut siswa harus mampu melakukan dugaan, manipulasi dan penalarannya. Dalam kegiatan ini guru memberikan rangsangan-rangsangan berupa pertanyaan yang diberikan kepada siswa secara bertahap untuk mengarahkan siswa pada proses penggunaan kemampuan bernalarnya.
c.       Secara individu siswa mulai menduga-duga secara informal.
1.     Tahap 2 (pengumpulan data atau inforrmasi)
a.       Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok.
b.      Siswa mengatur posisi duduknya masing-masing dalam kelompok sesuai arahan guru.
c.       Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok dan alat peraga manipulatif bangun-bagun datar.
d.      Guru memotivasi siswa untuk menyelesekan LKS dengan bekerjasama secara berkelompok.
e.       Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok.
f.       Guru mengarahkan siswa untuk membaca soal dari LKS dengan cermat.
g.      Siswa membaca dan memahami soal secara seksama.
h.      Guru mengecek pemahaman siswa terhadap pernyataan dari LKS.
i.        Siswa melakukan diskusi dengan teman sekelompoknya.
j.    Siswa mengumpulkan data atau informasi dengan cara mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang ditanyakan serta kondisi data yang ada (jumlah, keadaan).
k.  Selama kerja kelompok guru berperan sebagai fasilitator sehingga memungkinkan terjadinya proses belajar secara optimal. Intervensi yang dilakukan guru dilakukan secara tidak langsung, yakni, guru tidak melakukan penjelasan secara langsung atas permasalahan atau pertanyan-pertanyaan yang diajukan siswa, melainkan dengan cara memberi bantuan yang dilakukan tahap demi tahap antara lain berupa pengajuan pertanyaan yang lebih terfokus pada masalah yang dihadapi, memotivasi siswa untuk memfokuskan pada hal utama atau permasalahan utama yang dihadapi. Pada saat berkeliling sambil memperhatikan apa yang terjadi pada masing-masing kelompok, guru sekaligus melakukan evaluasi antara lain dengan mengidentifikasi hal-hal berikut: 1) Pertanyaan mana yang dianggap sulit oleh siswa. 2) Kelompok mana yang berhasil dengan baik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. 3) Apakah jawaban-jawaban siswa bervariasi?
l.        Guru mengarahkan siswa agar mampu melakukan proses menduga disertai alasan dengan melakukan manipulasi matematika.
3.   Tahap 3 ( Analisis Data )
a.    Siswa melakukan analisis data dengan menggunakan kemampuan nya seperti kemampuan koneksi matematis, penerapan algoritma, penggunaan rumus informal, penggunaan matematika informal, komunikasi matematika, atau  dengan manipulasi matematika.
b.      Siswa melakukan manipulasi matematika dan proses dugaan disertai pembuktian.
c.      Siswa mulai menjawab soal-soal yang ada dalam LKS yang menuntun  mereka pada proses kesimpulan secara induktif.
4.  Tahap 4 (Penyimpulan)
a.       Siswa melakukan proses penyimpulan dimana pada tahap ini siswa  sudah menemukan solusi dari permasalahan
b.    Siswa mengecek kembali seluruh jawaban, mereviu, dan    mendiskusikan langkah-langkah yang ada
c.       Perwakilan tiap kelompok mengkomunikasikan jawaban LKS di depan kelas dan memberikan alasan jawabannya
d.   Guru menanyakan dan meminta tanggapan kepada siswa yang lain tentang jawaban yang ditampilkan apakah sudah benar atau masih salah
e.  Guru dan siswa mendiskusikan seluruh hasil diskusi kelompok
f.       Melakukan post test

3. Kegiatan Akhir
1.      Guru dan siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran tentang sifat-sifat bangun persegi panjang, persegi, dan jajar genjang
2.      Menanyakan kesan siswa setelah mengikuti aktivitas pembelajaran

V.   Alat dan Sumber Belajar
a.       Alat/Media
-   Lembar Kerja Siswa (LKS)
-                                Karton untuk penyajian materi
b.      Sumber Belajar
-                                Buku matematika kelas V semester 2
-                                Standar isi 2006
VI. Penilaian
       Teknik      : Tes dan non tes
       Bentuk     : Uraian dan observasi
  Instrumen :  Daftar pertanyaan


No comments:

Post a Comment