RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SILKUS 1I
Nama Sekolah : SD Negeri.........
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : V
Semester : 2 (genap)
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Standar Kompetensi :
Memahami sifat-sifat bangun datar
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
Indikator : -
Menentukan sifat-sifat bangun datar segi empat
(jajar genjang dan belah ketupat)
- Menjelaskan sifat-sifat bagun datar segi
empat
(jajar genjang dan belah ketupat)
I.
Tujuan
Pembelajaran
a.
Siswa dapat menentukan sifat-sifat bangun
datar jajar genjang
b.
Siswa dapat menentukan sifat-sifat bangun
datar belah ketupat
c.
Siswa dapat menentukan sifat-sifat bangun
datar jajar genjang
d.
Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat bangun
datar belah ketupat
11. Materi Pokok
Sifat-sifat Bangun Datar
Bangun datar adalah bangun dua dimensi yang beraturan dan merupakan
bagian dari geometri. Sifat-sifat bangun datar merupakan ciri-ciri khas dari
bangun datar itu sendiri setiap bangun datar mempunyai sifatnya masing-masing. Jajar genjang adalah suatu bangun datar yang dibentuk oleh
segitiga dengan bayangannya jika diputar setengah putaran pada salah satu sisi
yang dimilikinya.
Sifat – sifatnya adalah :
a. Sisi - sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar
b. Sudut – sudut yang berhadapan sama besar
c. Jumlah besar sudut – sudut yang
berdekatan adalah 1800
d. Kedua diagonal saling membagi dua sama
panjang
Belah
ketupat adalah bangun datar yang dibentuk dari gabungan segitiga sama kaki dan bayangannya setelah dicerminkan
terhadap alasnya.
Sifat – sifatnya
:
a.
Semua sisinya sama panjang
b. Sudut
– sudut yang berhadapan sama besar dan dibagi dua sama besar oleh
diagonal-diagona
c. Kedua
diagonal merupakan sumbu simetri
d.
Kedua diagonal saling membagi dua sama panjang dan saling berpotongan tegak
lurus
111. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Eksplorasi Matematika
Metode : Ekspositori, demonstrasi, diskusi,
tanya jawab
1V. Kegiatan pembelajaran
a.
Kegiatan Awal (±10
menit)
1. Guru membuka
pembelajaran dengan menyapa siswa dengan salam
2. Guru memberikan
motivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar matematika dengan menyanyilan lagu ’Bangun
Datar’
3. Guru memberikan
apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
4. Apa yang kalian
ketahui tentang jajar genjang?
5. Apa yang kalian
ketahui tantang belah ketupat?.
6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan
Inti ((±75 menit)
1. Tahap 1 ( Diawali dengan masalah)
a.
Guru menyajikan masalah berupa pertanyaan tentang
sifat-sifat bangun datar yang menarik dan menantang bagi siswa, yaitu :
Jelaskan sifat-sifat bangun datar di
samping!
b.
Guru mengarahkan siswa untuk menjawab soal
tersebut siswa harus mampu melakukan dugaan, manipulasi dan penalarannya. Dalam
kegiatan ini guru memberikan rangsangan-rangsangan berupa pertanyaan yang
diberikan kepada siswa secara bertahap untuk mengarahkan siswa pada proses
penggunaan kemampuan bernalarnya.
c.
Secara individu siswa mulai menduga-duga
secara informal.
1.
Tahap 2 (pengumpulan data atau inforrmasi)
a.
Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok.
b.
Siswa mengatur posisi duduknya
masing-masing dalam kelompok sesuai arahan guru.
c.
Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok
dan alat peraga manipulatif bangun-bagun datar.
d.
Guru memotivasi siswa untuk menyelesekan
LKS dengan bekerjasama secara berkelompok.
e.
Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok.
f.
Guru mengarahkan siswa untuk membaca soal
dari LKS dengan cermat.
g. Siswa membaca dan memahami soal secara seksama.
h. Guru mengecek pemahaman siswa terhadap
pernyataan dari LKS.
i.
Siswa melakukan diskusi dengan teman
sekelompoknya.
j. Siswa mengumpulkan data atau informasi dengan
cara mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang ditanyakan serta kondisi
data yang ada (jumlah, keadaan).
k. Selama kerja kelompok guru berperan sebagai
fasilitator sehingga memungkinkan terjadinya proses belajar secara optimal.
Intervensi yang dilakukan guru dilakukan secara tidak langsung, yakni, guru
tidak melakukan penjelasan secara langsung atas permasalahan atau pertanyan-pertanyaan
yang diajukan siswa, melainkan dengan cara memberi bantuan yang dilakukan tahap
demi tahap antara lain berupa pengajuan pertanyaan yang lebih terfokus pada
masalah yang dihadapi, memotivasi siswa untuk memfokuskan pada hal utama atau
permasalahan utama yang dihadapi. Pada saat berkeliling sambil memperhatikan
apa yang terjadi pada masing-masing kelompok, guru sekaligus melakukan evaluasi
antara lain dengan mengidentifikasi hal-hal berikut: 1) Pertanyaan mana yang
dianggap sulit oleh siswa. 2) Kelompok mana yang berhasil dengan baik menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. 3) Apakah jawaban-jawaban siswa
bervariasi?
l.
Guru
mengarahkan siswa agar mampu melakukan proses menduga disertai alasan dengan
melakukan manipulasi matematika.
3.
Tahap 3 ( Analisis Data )
a.
Siswa melakukan analisis data dengan
menggunakan kemampuan nya seperti kemampuan koneksi matematis, penerapan
algoritma, penggunaan rumus informal, penggunaan matematika informal,
komunikasi matematika, atau dengan
manipulasi matematika.
b.
Siswa melakukan manipulasi matematika dan
proses dugaan disertai pembuktian.
c.
Siswa mulai menjawab soal-soal yang ada
dalam LKS yang menuntun mereka pada
proses kesimpulan secara induktif.
4.
Tahap 4 (Penyimpulan)
a.
Siswa melakukan proses penyimpulan dimana
pada tahap ini siswa sudah menemukan
solusi dari permasalahan
b.
Siswa
mengecek kembali seluruh jawaban, mereviu, dan mendiskusikan langkah-langkah yang ada
c.
Perwakilan tiap kelompok mengkomunikasikan jawaban
LKS di depan kelas dan memberikan alasan jawabannya
d. Guru menanyakan dan meminta tanggapan kepada
siswa yang lain tentang jawaban yang ditampilkan apakah sudah benar atau masih
salah
e. Guru dan siswa mendiskusikan seluruh hasil
diskusi kelompok
f.
Melakukan
post test
3. Kegiatan Akhir
1.
Guru dan siswa secara bersama-sama
menyimpulkan materi pembelajaran tentang sifat-sifat bangun persegi panjang,
persegi, dan jajar genjang
2.
Menanyakan kesan siswa setelah mengikuti
aktivitas pembelajaran
V. Alat
dan Sumber Belajar
a.
Alat/Media
-
Lembar Kerja Siswa (LKS)
-
Karton
untuk penyajian materi
b.
Sumber
Belajar
-
Buku matematika kelas V semester 2
-
Standar
isi 2006
VI. Penilaian
Teknik : Tes dan non tes
Bentuk : Uraian dan observasi
Instrumen : Daftar pertanyaan
No comments:
Post a Comment