Pengertian, Karakteristik, dan Tujuan
Pembelajaran IPA
Secara sederhana
IPA didefinisikan sebagai ilmu tentang fenomena alam semesta (Mulyana, 2005:7).
Dalam kurikulum pendidikan dasar terdahulu (1994) pengertian IPA sebagai hasil
kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisasi
tentang alam sekitar, yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses
ilmiah antara lain penyelidikan, penyusunan, dan pengujian gagasan-gagasan.
Sedangkan dalam kurikulum 2004, IPA (sains)
diartikan sebagai cara mencari tahu secara sistematis tentang alam semesta.
Dalam kurikulum
2006 yang lebih dikenal dengan sebutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP),
Pendidikan IPA di
Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) diharapkan dapat menjadi wahana
bagi peserta didik untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya, serta
prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Untuk mencapai
tujuan pembelajaran IPA, guru sebagai pengelola langsung proses pembelajaran
harus memahami karakteristik (hakikat) dari dari pendidikan IPA sebagaimana
dikatakan (Depdiknas, 2006:47), bahwa:
Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis,
sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa
fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan
suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapakan dapat menjadi wahana bagi
peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek
pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.
Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk
mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara
alamiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat
membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang
alam sekitar.
Tujuan utama yang ingin dicapai
dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran IPA (Depdiknas,
2006:48), bahwa :
Mata pelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.
Memperoleh keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
2.
Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman
konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
3.
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan
kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA,
lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.
Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki
alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
5.
Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam
memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan alam.
6.
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan
segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7.
Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan
keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
No comments:
Post a Comment