Monday 8 February 2016

RPP SIFAT-SIFAT BANGUN DAN HUBUNGAN ANTAR BANGUN KELAS 5 PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             :
Kelas / Semester          : 5 (lima)/ 2 (dua)
Materi pokok               : Sifat-Sifat Bangun dan Hubungan
                        antar bangun
Mata Pelajaran            : Matematika
Waktu                         : 2x35 menit
 


I.         Standar Kompetensi
Bangun Ruang : Memahami sifat-sifat bangun ruang dan hubungan antarbangun

II.         Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang.

III.         Indikator
-          Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang kubus,
-          Menentukan luas permukaan bangun ruang kubus

IV.         Tujuan Pembelajaran
-          Melalui metode inkuiri Siswa dapat Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang kubus
-          Melalui metode inkuiri Siswa dapat Menentukan luas permukaan bangun ruang kubus

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

V.         Materi Pokok
Materi bangun ruang kubus

VI.         Metode Pembelajaran
Metode inkuiri, Ceramah, penugasan, latihan, diskusi, tanya jawab

VII.         Langkah-Langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Awal ( ±10 menit)
a.       Guru mengkondisikan kelas dan siswa pada situasi belajar yang kondusif.
b.      Guru mengadakan apersepsi, sebagai penggalian pengetahuan awal siswa terhadap materi yang diajarkan dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.
c.       Menyampaikan bahan ajar serta menyampaikan, tujuan dan hasil yang ingin dicapai.
d.      Membagi siswa menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.
e.       Membagikan LKS pada setisp kelompok.

2.   Kegiatan Inti ( ± 45 menit)
a)      Guru menjelaskan materi tentang sifat-sifat bangun ruang kubus dan  mencari luas permukaan bangun ruang kubus.
b)      Siswa menyimak penjelasan guru.
c)      Menyuruh siswa berdiskusi mengenai materi yang diterangkan guru.
d)     Menugaskan siswa mendiskusikan tugas LKS dengan menggunakan pengamatan langsung untuk mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang kubus.
e)      Siswa mendiskusikan tugas LKS dengan menggunakan pengamatan langsung untuk menemukan cara dalam menyelesaikan soal latihan.
f)       Siswa secara bergiliran mengkomunikasikan hasil kerjanya.
g)      Guru membimbing siswa mencermati hasil kerjanya, sekaligus menemukan sendiri kekurangan hasil kerja siswa.
h)      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui dan dimengerti siswa.
i)        Guru bersama siswa melakaukan tanya jawab untuk meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulkan.

3.   Kegiatan Akhir (±15 menit)
a.    Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran.
b.   Siswa mengerjakan evaluasi (tes tertulis).
c.    Sebagai tindak lanjut, guru memberikan pekerjaan rumah.

VIII.         Alat/ bahan/ Sumber Belajar
a.          Alat:gunting, penggaris dan kertas karton
b.         Buku
Judul              : Gemar Matematika 5.
Penulis           : Y.D.Sumanto, Heni Kusmawati dan Nur Aksim
Penerbit         : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun             : 2008

.
IX.         Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Teknik  Penilaian    : tugas individu, tugas kelompok
Jenis                        : Tes    

Bentuk                    : Isian, Lembar soal

No comments:

Post a Comment