1.
Hakikat
Menulis
“Menulis adalah kegiatan
berbahasa tulis, pesan yang disampaikan penulis dan diterima oleh pembaca
dijembatani melalui lambang bahasa yang dituliskan” (Suparno dan M. Yunus,
2011: 1.7).
Sabarti Akhadiah (Yeti Mulyati, dkk. 2009: 5.1) mengemukakan bahwa:
menulis merupakan kemampuan yang kompleks,
yang menuntut sejumlah pengetahuan dan keterampilan. Sehubungan dengan
kompleksnya kegiatan yang diperlukan untuk kegiatan menulis, maka menulis harus
dipelajari atau diperoleh melalui proses belajar dan berlatih dengan
sungguh-sungguh. Menulis merupakan kegiatan yang kompleks sehingga melibatkan
cara berpikir yang teratur dan berbagai persyaratan yang berkaitan dengan
teknik penulisan, antara lain: (1) adanya kesatuan gagasan; (2) penggunaan
kalimat yang jelas; (3) paragraf disusun dengan baik; (4) penerapan kaidah
ejaan yang benar; dan (5) penguasaan kosakata yang memadai.”
Berdasarkan
uraian beberapa pendapat tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa menulis
adalah kemampuan seseorang dengan serangkaian proses kegiatan yang kompleks
yang memerlukan tahapan-tahapan, dan menuangkannya ke dalam bentuk tulisan
sehingga pembaca dapat memahami isi dari gagasan yang disampaikan. Dengan kata
lain bahwa menulis merupakan serangkaian kegiatan yang akan melahirkan pikiran
dan perasaan melalui tulisan untuk disampaikan kepada pembaca.
2.
Tujuan
Menulis
Adapun
tujuan menulis menurut Alfin, j.,dkk (2008:123) sebagai berikut:
a)
Untuk memberi tahukan
informasi
b)
Untuk meyakinkan atau
mendesak
c)
Untuk menghibur atau
menyenangkan
d)
Untuk mengekspresikan
perasaan dan emosi yang kuat
3.
Manfaat
Menulis
Manfaat menulis menurut
Bernard Percy (Alfin, j.,dkk, 2008:123) mengemukakan sebagai berikut:
a)
Sarana untuk
mengungkapkan
b)
Sarana untuk pemahaman
c)
Membantu mengembangkan
kepuasan pribadi, perasaan, kebanggaan, hara
diri
d)
Menuingkatkan kesadaran
dan penyerapan terhadap lingkungan
e)
Keterlibatan secara
bersemangat dan bukannya penerimaan yang pasrah
f)
Mengemngkan suatu
pemahaman dan kemampuan menggunakan bahasa
4.
Langah-langkah
Menulis
Britton (Alfin,j.,dkk,
2008:142) membagi langkah-langkah menulis ke dalam 3 tahapan yaitu:
a) Tahap
konsep, pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah memilih dan menentukan
topik
b) Tahap
inkubasi, pada tahap ini kegiatan siswa adalah mengembangkan topik dan menggabungkan
informasi yang tersedia
c) Tahap
hasil, pada tahap ini siswa melakukan kegiatan mengembangkan tulisan/menulis siswa memeriksa tullisan
No comments:
Post a Comment