Friday 26 February 2016

Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar


1.        Hakikat Menulis
      “Menulis adalah kegiatan berbahasa tulis, pesan yang disampaikan penulis dan diterima oleh pembaca dijembatani melalui lambang bahasa yang dituliskan” (Suparno dan M. Yunus, 2011: 1.7).
Sabarti Akhadiah (Yeti Mulyati, dkk. 2009: 5.1) mengemukakan bahwa:
 menulis merupakan kemampuan yang kompleks, yang menuntut sejumlah pengetahuan dan keterampilan. Sehubungan dengan kompleksnya kegiatan yang diperlukan untuk kegiatan menulis, maka menulis harus dipelajari atau diperoleh melalui proses belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh. Menulis merupakan kegiatan yang kompleks sehingga melibatkan cara berpikir yang teratur dan berbagai persyaratan yang berkaitan dengan teknik penulisan, antara lain: (1) adanya kesatuan gagasan; (2) penggunaan kalimat yang jelas; (3) paragraf disusun dengan baik; (4) penerapan kaidah ejaan yang benar; dan (5) penguasaan kosakata yang memadai.”


Berdasarkan uraian beberapa pendapat tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa menulis adalah kemampuan seseorang dengan serangkaian proses kegiatan yang kompleks yang memerlukan tahapan-tahapan, dan menuangkannya ke dalam bentuk tulisan sehingga pembaca dapat memahami isi dari gagasan yang disampaikan. Dengan kata lain bahwa menulis merupakan serangkaian kegiatan yang akan melahirkan pikiran dan perasaan melalui tulisan untuk disampaikan kepada pembaca.
2.    Tujuan Menulis
Adapun tujuan menulis menurut Alfin, j.,dkk (2008:123) sebagai berikut:
a)                   Untuk memberi tahukan informasi
b)                  Untuk meyakinkan atau mendesak
c)                   Untuk menghibur atau menyenangkan
d)                  Untuk mengekspresikan perasaan dan emosi yang kuat

3.    Manfaat Menulis
Manfaat menulis menurut Bernard Percy (Alfin, j.,dkk, 2008:123) mengemukakan sebagai berikut:
a)                   Sarana untuk mengungkapkan
b)                  Sarana untuk pemahaman
c)         Membantu mengembangkan kepuasan pribadi, perasaan, kebanggaan,  hara diri
d)                  Menuingkatkan kesadaran dan penyerapan terhadap lingkungan
e)         Keterlibatan secara bersemangat dan bukannya penerimaan yang pasrah
f)         Mengemngkan suatu pemahaman dan kemampuan menggunakan  bahasa

4.    Langah-langkah Menulis
Britton (Alfin,j.,dkk, 2008:142) membagi langkah-langkah menulis ke dalam 3 tahapan yaitu:
a)      Tahap konsep, pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah memilih dan menentukan topik
b)      Tahap inkubasi, pada tahap ini kegiatan siswa adalah mengembangkan topik dan menggabungkan informasi yang tersedia

c)      Tahap hasil, pada tahap ini siswa melakukan kegiatan mengembangkan   tulisan/menulis siswa memeriksa tullisan

No comments:

Post a Comment