Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menentukan
Luas Permukaan Bangun Ruang Kubus Melalui Metode Inkuiri
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan suatu
komponen yang harus diperhatikan dan dikembangkan guna melahirkan sumber daya
manusia yang lebih berkualitas, guna kemajuan bangsa dan negara. Berdasarkan
alasan tersebut diyakini bahwa pendidikan yang berkualitas dapat menunjang
pembangunan disegala bidang, dan hendaknya dilakukan sejak dini, baik
dilingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah.
Pengembangan kualitas
pendidikan tentunya menyangkut bagaimana menyelenggarakan kegiatan belajar
mengajar di sekolah. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar melibatkan
beberapa komponen, yaitu peserta didik, guru, materi, metode, media dan
evaluasi pembelajaran guna tercapainya tujuan pembelajaran yang menyangkut
perubahan prilaku dan pola pikir yang positif dari peserta didik setelah
mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Pendidikan di Sekolah
Dasar pada saat ini boleh dikatakan cukup baik, akan tetapi dalam pelaksanaanya
masih diperlukan adanya pengembangan yang menyakut pemanfaatan metode,
pendekatan dan alat atau media yang digunakan. Alasan penulis mengemukakan hal
tersebut karena berdasarkan pengamatan penulis terhadap kegiatan pelaksanaan
kegiatan pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan jarang melibatkan siswa
secara aktif.
bentuk Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran yang digunakan di kelas V SDN 3 Maruyungsari sudah mengacu
pada kurikulum yang berlaku. Akan tetapi bentuk racangan Rencana Pelaksanaan
Pembelajarannya masih bersifat klasikal dan belum menggunakan bentuk rancangan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang tepat.
Pada proses pembelajaran kenyataannya guru hanya menerangkan dan
berbicara di depan kelas dan siswa hanya mendengarkan, dan siswa belum terlibat
secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa tampak kurang
begitu termotivasi bahkan cenderung pasif dan satu arah, sehingga berdampak
pada hasil belajar siswa yang masih dianggap kurang, hal ini dilihat dari
perolehan nilai nilai siswa hanya 57 dari keseluruhan siswa, dan menunjukkan
perolehan nilai masih di bawah KKM yang ditetapakan sebesar 70. Guna mengatasi
permasalahan tersebut, maka penulis beranggapan dalam pelaksanaan proses
belajar mengajar diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan siswa.
Penggunaan metode dalam pelaksanaan proses pembelajaran pada saat ini
perlu mendapatkan perhatian yang cukup serius, serta perlu dilakukannya
pengembangan dalam penerapannya, yang pelaksanaanya tergantung dari bentuk
metode pembelajaran yang yang digunakan. Bentuk pelaksanaan mengacu pada
komponen-komponen dalam kegiatan pembelajaran, yang meliputi guru, siswa dan
materi atau bahan ajar.
Menurut pendapat Gulo, W. (2002, hlm.11) “Metode dalam belajar mengajar menyangkut
metode belajar mengajar yang berpusat pada guru, metode belajar mengajar yang
berpusat pada siswa, dan metode belajar mengajar yang berpusat pada materi
pengajaran”. Dalam penelitian ini penulis memilih metode inkuiri yang akan
digunakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
Alasan peneliti memilih metode inkuiri dalam pembelajaran matematika,
karena dalam pembelajaran matematika diperlukan suatu bentuk pelaksanaan yang
tentunya dapat menciptakan suasana kegiatan pembelajaran yang lebih aktif dan melibatkan
siswa secara maksimal. Metode pembelajaran yang dipilih adalah metode
pembelajaran inkuiri.
Gulo, W. (2002, hlm.84 – 85) mengemukakan :
Metode
pembelajaran inkuiri yaitu suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan
secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara
sistematis, kritis, logis dan analitis sehingga siswa dapat merumuskan sendiri
penemuannya dengan penuh percaya diri.
Berdasarkan pendapat dari Gula, W. Menunjukkan bahwa dengan penggunaan
metode inkuiri dapat mengembangkan kemampuan untuk merealisasikan rasa keingintahuannya
yang didukung dengan sikap kritis, logis dan mampu menganalisis menganai
permasalahan yang diketemukan siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran,
sehingga siswa lebih percaya diri dalam menyelesaiakan permsalahan yang
ditemukan dalam proses pembelajaran.
Mengacu pada permasalahan yang telah dipaparkan maka penulis tertarik
untuk melakukan penelitian dengan judul : “Peningkatan Kemampuan Siswa dalam
Menentukan Luas Permukaan Bangun Ruang
Kubus Melalui Metode Inkuiri. (Penelitian
Tindakan Kelas di Kelas V SDN 3 Maruyungsari Dusun Mekarsari Desa Maruyungsari Kecamatan
Padaherang Kabupaten Pangandaran)”.
No comments:
Post a Comment