Metode Demonstrasi
1.
Pengertian
Metode Demonstrasi
Pengertian
metode demonstrasi menurut Wina Sanjaya (2010: 152) adalah “Metode demonstrasi
adalah metode penyajian pelajaran dengan memeragakan dan mempertunjukkan kepada
siswa tentang suatu proses, situasi, atau benda tertentu baik sebenarnya atau
hanya sekedar tiruan.”
Dengan
pengertian di atas, jelas bahwa metode demonstrasi digunakan untuk memeragakan
suatu proses, situasi, atau benda tertentu terkait dengan materi pelajaran yang
dipelajari dengan tujuan menyajikan pelajaran dengan lebih komplit sehingga
materi pelajaran yang disampaikan akan lebih berkesan bagi siswa dan membentuk
pemahaman yang mendalam.
2.
Kelebihan
Metode Demonstrasi
Menurut
M. Basyiruddin Usman (2002: 46) menyatakan bahwa kelebihan dari metode
demonstrasi adalah :
“Perhatian siswa
akan dapat terpusat sepenuhnya pada pokok bahasan yang akan didemonstrasikan,
memberikan pengalaman praktis yang dapat membentuk ingatan yang kuat dan
keterampilan dalam berbuat, menghindarkan kesalahan siswa dalam mengambil suatu
kesimpulan, karena siswa mengamati secara langsung jalannya demonstrasi yang
dilakukan.”
Dari
pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa kelebihan metode demonstrasi adalah
siswa dapat memusatkan perhatiannya pada pokok bahasan yang akan
didemonstrasikan, siswa memperoleh pengalaman yang dapat membentuk ingatan yang
kuat, siswa terhindar dari kesalahan dalam mengambil suatu kesimpulan karena
siswa mengamati secara langsung jalannya demonstrasi yang dilakukan.
3.
Kelemahan
Metode Demonstrasi
Menurut
Syaiful Bahri Djamarah (2000: 57) ada beberapa kelemahan metode demonstrasi
yaitu : “Anak didik terkadang sukar melihat dengan jelas benda yang akan
dipertunjukkan, tidak semua benda dapat didemonstrasikan, sukar dimengerti bila
didemonstrasikan oleh guru yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan.”
Dari
pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa kelemahan metode demonstrasi adalah
tidak semua benda dan materi pembelajaran yang bisa didemonstrasikan dan metode
ini tidak efektif bila tidak ditunjang oleh keterampilan guru secara khusus.
4.
Langkah-langkah
Metode Demonstrasi
Untuk
melaksanakan metode demonstrasi yang baik dan efektif, ada beberapa langkah
yang harus dipahami dan digunakan oleh guru, yang terdiri dari perencanaan, uji
coba dan pelaksanaan oleh guru lalu diikuti oleh murid dan diakhiri dengan
adanya evaluasi.
Menurut
J.J. Hasibuan dan Mujiono (1993: 31) langkah-langkah metode demonstrasi adalah
sebagai berikut :
1.
Merumuskan
dengan jelas kecakapan dan atau keterampilan apa yang diharapkan, dicapai oleh
siswa sesudah demonstrasi itu dilakukan.
2.
Mempertimbangkan
dengan sungguh-sungguh apakah metode itu wajar dipergunakan, dan apakah
merupakan metode yang paling efektif untuk mencapai tujuan yang dirumuskan.
3.
Alat-alat
yang diperlukan untuk demonstrasi itu bisa didapat dengan mudah, dan sudah
dicoba terlebih dahulu supaya waktu diadakan demonstrasi tidak gagal.
4.
Jumlah
siswa memungkinkan untuk diadakan demonstrasi dengan jelas.
5.
Menetapkan
garis-garis besar langkah-langkah yang akan dilaksanakan, sebaiknya sebelum
demonstrasi dilakukan, sudah dicoba terlebih dahulu supaya tidak gagal pada
waktunya.
6.
Memperhitungkan
waktu yang dibutuhkan, apakah tersedia waktu untuk memberi kesempatan kepada
siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan komentar selama dan sesudah
demonstrasi.
7.
Selama
demonstrasi berlangsung, hal-hal yang harus diperhatikan :
a)
Keterangan-keterangan
dapat didengar dengan jelas oleh siswa.
b)
Alat-alat
telah ditempatkan pada posisi yang baik, sehingga setiap siswa dapat melihat
dengan jelas.
c)
Telah
disarankan kepada siswa untuk membuat catatan-catatan seperlunya.
8.
Menetapkan
rencana untuk menilai kemajuan siswa, sering perlu diadakan diskusi sesudah
demonstrasi berlangsung atau siswa mencoba melakukan demonstrasi.
Berdasarkan
pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah metode demonstrasi
adalah merumuskan dengan jelas kecakapan dan atau keterampilan apa yang
diharapkan, mempertimbangkan dengan sungguh-sungguh, apakah metode itu efektif
untuk mencapai tujuan yang dirumuskan, alat-alat yang diperlukan untuk
demonstrasi bisa didapat dengan mudah, jumlah siswa memungkinkan untuk diadakan
demonstrasi dengan jelas, menetapkan garis-garis besar langkah-langkah yang
akan dilaksanakan, memperhitungkan waktu yang dibutuhkan dan menetapkan rencana
untuk menilai kemajuan siswa.
No comments:
Post a Comment