Monday 7 March 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Percakapan Sederhana Kelas 1 SD

Sekolah                 : SDN .........
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester     : I (satu) / 2 (dua)
Hari/Tanggal         :
Alokasi waktu      : 2 x 35 menit

 


A.    Standar Kompetensi
Berbicara
6.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

B.     Kompetensi Dasar Berbicara
6.1  Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Bercakap-cakap dengan lafal yang tepat
2.      Bercakap-cakap dengan intonasi yang tepat
3.      Kelancaran berbicara/bercakap-cakap dengan kosakata yang tepat.
4.      Kelancaran berbicara/bercakap-cakap dengan kalimat yang tepat.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui pengamatan anak dapat bercakap-cakap isi film yang sedang diputar didepan kelas dengan lafal yang tepat.
2.      Melalui pengamatan anak dapat bercakap-cakap isi film yang sedang diputar didepan kelas dengan Intonasi yang tepat.
3.      Melalui pengamatan anak dapat bercakap-cakap isi film yang sedang diputar didepan kelas dan anak dapat menceritakan kembali isi cerita film yang ditonton dengan kosakata yang tepat.
4.      Melalui pengamatan pada film yang diputar didepan kelas anak dapat melakukan percakapan sesuai tokoh dalam film yang ditonton dengan kalimat, lafal dan intonasi yang benar dan tepat

E.     Karakter yang Dikembangkan
1.      Religius
2.      Tanggung jawab belajar
3.      Disiplin belajar
4.      Kerja sama belajar
5.      Percaya diri

F.     Materi Pembelajaran
Siswa menceritakan kembali isi film dalam bentuk percakapan sederhana dengan menggunakan, lafal, intonasi, kosakata dan kalimapat yang tepat dan benar.

G.    Metode Pembelajaran
1.      Cermah penyampaian materi pembelajaran
2.      Penugasan atau pemberian tugas
3.      Demonstrasi

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (+10 menit)
a.       Berdoa terlebih dahulu untuk melatih displin belajar dan melatih dasar keagamaan, dan dilanjutkan dengan mengabsen siswa.
b.      Mengkondisikan anak siap belajar dengan tertib dan mempersiapkan alat berupa proyektor, laptop, spiker aktif untuk memulai kegiatan pembelajar.
c.       Memberikan apersepsi dengan meminta anak menyebutkan film kartun kesukaannya untuk menarik minat belajar anak.
d.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memperlihatkan sebuah CD film katun yang akan diputar di depan kelas.
2.      Kegiatan Inti (+40 menit)
a.       Dibawah bimbingan guru, siswa diberi tugas untuk mengamati film yang sedang diputar samapai selesai.
b.      Dibawah bimbingan guru, siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok untuk melakukan percakapan sederhan sesuai dengan film yang telah ditonton atau dilihat.
c.       Dibawah bimbingan guru, siswa diberi tugas untuk menceritakan kembali isi cerita film dalam bentuk percakapan/bercakap-cakap dengan siswa lainnya dengan menggunakan kosakata, lafal, intonasi  dan kalimat yang tepat, guna melatih siswa  untuk  lebih komunikatif.
d.      Dibawah bimbingan guru, siswa dilatih untuk  melakukan percakaapan   dengan lancar dengan lafal, kosakata dan kalimat yang tepat.
e.       Dibawah bimbingan guru, siswa diberitugas untuk mengerjakan soal evaluasi bedasarkan film ditonton.
f.       Mengukur pemahaman dan kemampuan siswa mengenai isi percakapan dari film yang diputar, kemudian menjawab pertanyaan singkat seputar isi cerita dalam film dibawah bimbingan guru untuk melatih pengetahuan dan daya ingat.
3.      Kegiatan Akhir (20 menit)
a.       Memberi penguatan tentang pesan yang terkandung dalam film yang ditonton melalui penjelasan lisan untuk melatih kepribadian yang terpuji
b.      Mengadakan evaluasi hasil belajar anak melalui metode bermain peran, yakni melakukan percakapan sesuai dengan tokoh dan watak yang terdapat dalam film dengan lafal dan intonasi yang tepat.
c.       Memberikan tindak lanjut dengan saran berlatih ulang mendongeng dirumah untuk meningkatkan keterampilan berbicara.

I.       Alat/Media dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat/Media Pembelajaran
a.       Laptop
b.      Speaker aktif
c.       CD/Film
2.      Sumber Pembelajaran
Buku               : Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia kelas I SD/MI
Karangan         : H. Suyatno, dkk
Penerbit           : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun              : 2008
Halaman          : 93 – 94

J.      Evaluasi Pembelajaran
1.      Prosedur          : Evaluasi proses belajar dan evaluasi akhir belajar.
2.      Bentuk                        : Evaluasi proses berbentuk non-tes (pengamatan) dan
  evaluasi akhir dengan tes.
3.      lenis                 : Evaluasi proses dengan pengamatan perbuatan dan
  evaluasi akhir dengan tes perbuatan.
4.      Alat                 : 1. Lembar pengamatan penilaian proses belajar
      Bercakap-­cakap. (terlampir)
2.    Lembar pengamatan penilaian hasil belajar (terlampir).
5.      Aspek Penilaian : Ekspresi, pelafalan, Intonasi, pemilihan kosakata,
      Kelancaran  Kerja sama, disiplin, Imajinasi, ketekunan
K.    Penilaian
·       Free Test  : Tes Lisan
·       Proses       : percakapan sederhana
·       Post tes    : Tes tertulis

  Bentuk PG

No comments:

Post a Comment