Sekolah : SDN .........
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I (satu) / 2 (dua)
Hari/Tanggal :
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng
B.
Kompetensi Dasar Berbicara
6.1 Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Bercakap-cakap dengan lafal yang
tepat
2. Bercakap-cakap dengan intonasi yang
tepat
3. Kelancaran berbicara/bercakap-cakap
dengan kosakata yang tepat.
4. Kelancaran berbicara/bercakap-cakap
dengan kalimat yang tepat.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pengamatan anak dapat bercakap-cakap
isi film yang sedang diputar didepan kelas dengan lafal yang tepat.
2. Melalui pengamatan anak dapat
bercakap-cakap isi film yang sedang diputar didepan kelas dengan Intonasi yang
tepat.
3. Melalui pengamatan anak dapat
bercakap-cakap isi film yang sedang diputar didepan kelas dan anak dapat
menceritakan kembali isi cerita film yang ditonton dengan kosakata yang tepat.
4. Melalui pengamatan pada film yang
diputar didepan kelas anak dapat melakukan percakapan sesuai tokoh dalam film
yang ditonton dengan kalimat, lafal dan intonasi yang benar dan tepat
E. Karakter yang Dikembangkan
1.
Religius
2.
Tanggung jawab belajar
3.
Disiplin belajar
4.
Kerja sama belajar
5.
Percaya diri
F. Materi Pembelajaran
Siswa
menceritakan kembali isi film dalam bentuk percakapan sederhana dengan
menggunakan, lafal, intonasi, kosakata dan kalimapat yang tepat dan benar.
G. Metode Pembelajaran
1.
Cermah penyampaian materi pembelajaran
2.
Penugasan atau pemberian tugas
3.
Demonstrasi
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (+10 menit)
a.
Berdoa terlebih dahulu untuk melatih displin belajar dan
melatih dasar keagamaan, dan dilanjutkan dengan mengabsen siswa.
b.
Mengkondisikan anak siap belajar dengan tertib dan
mempersiapkan alat berupa proyektor, laptop, spiker aktif untuk memulai
kegiatan pembelajar.
c.
Memberikan apersepsi dengan meminta anak menyebutkan film
kartun kesukaannya untuk menarik minat belajar anak.
d.
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memperlihatkan sebuah
CD film katun yang akan diputar di depan kelas.
2.
Kegiatan Inti (+40 menit)
a.
Dibawah
bimbingan guru, siswa diberi tugas untuk mengamati film yang sedang diputar
samapai selesai.
b.
Dibawah
bimbingan guru, siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok untuk melakukan
percakapan sederhan sesuai dengan film yang telah ditonton atau dilihat.
c.
Dibawah
bimbingan guru, siswa diberi tugas untuk menceritakan kembali isi cerita film dalam
bentuk percakapan/bercakap-cakap dengan siswa lainnya dengan menggunakan
kosakata, lafal, intonasi dan kalimat
yang tepat, guna melatih siswa untuk lebih komunikatif.
d.
Dibawah
bimbingan guru, siswa dilatih untuk
melakukan percakaapan dengan lancar dengan lafal, kosakata dan
kalimat yang tepat.
e.
Dibawah
bimbingan guru, siswa diberitugas untuk mengerjakan soal evaluasi bedasarkan
film ditonton.
f.
Mengukur
pemahaman dan kemampuan siswa mengenai isi percakapan dari film yang diputar,
kemudian menjawab pertanyaan singkat seputar isi cerita dalam film dibawah
bimbingan guru untuk melatih pengetahuan dan daya ingat.
3. Kegiatan Akhir (20 menit)
a. Memberi penguatan tentang pesan yang
terkandung dalam film yang ditonton melalui penjelasan lisan untuk melatih
kepribadian yang terpuji
b. Mengadakan evaluasi hasil belajar
anak melalui metode bermain peran, yakni melakukan percakapan sesuai dengan
tokoh dan watak yang terdapat dalam film dengan lafal dan intonasi yang tepat.
c. Memberikan tindak lanjut dengan saran
berlatih ulang mendongeng dirumah untuk meningkatkan keterampilan berbicara.
I.
Alat/Media dan Sumber Pembelajaran
1. Alat/Media Pembelajaran
a. Laptop
b. Speaker aktif
c. CD/Film
2. Sumber Pembelajaran
Buku :
Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia kelas I SD/MI
Karangan : H. Suyatno, dkk
Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional
Tahun : 2008
Halaman : 93 – 94
J. Evaluasi Pembelajaran
1. Prosedur : Evaluasi proses belajar dan evaluasi akhir
belajar.
2.
Bentuk : Evaluasi proses berbentuk non-tes (pengamatan) dan
evaluasi akhir
dengan tes.
3.
lenis : Evaluasi proses dengan pengamatan perbuatan dan
evaluasi akhir
dengan tes perbuatan.
4.
Alat : 1. Lembar pengamatan penilaian proses belajar
Bercakap-cakap.
(terlampir)
2.
Lembar pengamatan penilaian hasil
belajar (terlampir).
5.
Aspek Penilaian : Ekspresi, pelafalan, Intonasi, pemilihan
kosakata,
Kelancaran Kerja sama, disiplin, Imajinasi, ketekunan
K.
Penilaian
· Free Test : Tes Lisan
· Proses : percakapan sederhana
· Post tes : Tes tertulis
Bentuk PG
No comments:
Post a Comment