Langkah-langkah model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menurut Trianto (2007:61) adalah
sebagai berikut :
Langkah
1 : Berpikir (Thinking)
Guru mengajukan
suatu pertanyaan atau masalah yang dikaitkan dengan pelajaran, dan meminta peserta
didik menggunakan waktu beberapa menit untuk berpikir sendiri jawaban atau
masalah. Siswa membutuhkan
penjelasan bahwa berbicara atau mengerjakan bukan bagian berpikir.
Langkah
2 : berpasangan (Pairing)
Selanjutnya guru
meminta siswa untuk berpasangan dan
mendiskusikan apa yang telah mereka peroleh. Interaksi selama waktu yang
disediakan dapat menyatukan jawaban jika suatu pertanyaan yang diajukan atau
menyatukan gagasan apabila suatu masalah khusus yang diidentifikasi. Secara normal guru member waktu tidak lebih dari 4
atau 5 menit untuk berpasangan.
Langkah 3 : berbagi
(Sharing)
Pada langkah akhir, guru meminta pasangan-pasangan untuk berbagi dengan
keseluruhan kelas yang telah mereka bicarakan. Hal ini efektif untuk
berkeliling ruangan dari pasangan ke pasangan dan melanjutkan sampai sekitar
sebagian pasangan mendapat kesempatan.
Langkah-langkah
model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menurut Suherman, Erman
(2004:22) adalah sebagai berikut :
a.
Guru
menyajikan materi secara klasikal.
b.
Berikan
persoalan (problem) berupa
pendalaman, perluasan, dan aplikasi.
c.
Tugaskan
siswa secara berpasangan untuk membahasnya (Think
Pair).
d.
Presentasikan
hasil kelompok (Share).
e.
Kuis
individual buat skor perkembangan tiap siswa.
f.
Umumkan
hasil kuis.
Menurut Muslimin (Fadholi, Arif 2009:18)
langkah-langkah Think-Pair-Share ada tiga yaitu : Berpikir (Thinking), berpasangan (Pair), dan berbagi (Share).
Tahap 1 : Thinking (berpikir)
Kegiatan pertama dalam Think-Pair-Share
yakni guru mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan topik pelajaran.
Kemudian siswa diminta untuk memikirkan pertanyaan tersebut
secara untuk beberapa saat. Dalam tahap ini siswa dituntut lebih mandiri dalam mengolah informasi yang dia dapat.
Tahap 2 : Pairing (berpasangan)
Pada tahap ini guru meminta siswa duduk berpasangan
dengan siswa lain untuk mendiskusikan apa yang telah
difikirkannya pada tahap pertama. Interaksi pada tahap ini diharapkan dapat
membagi jawaban dengan pasangannya. Biasanya guru memberikan waktu 4-5 menit
untuk berpasangan.
Tahap 3 : Share (berbagi)
Pada tahap akhir guru meminta kepada pasangan untuk berbagi jawaban
dengan seluruh kelas tentang apa yang telah mereka diskusikan. Ini efektif
dilakukan dengan cara bergiliran pasangan demi pasangan dan dilanjutkan sampai
sekitar seperempat pasangan telah mendapat kesempatan untuk melaporkan.
Berdasarkan
pendapat beberapa ahli tersebut, maka langkah – langkah Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) menurut penulis adalah sebagai
berikut :
Langkah ke 1 :
Aktifitas :
Langkah ke 2 :
Aktifitas :
Langkah ke 3 :
Aktifitas :
Langkah ke 4 :
Aktifitas :
Langkah ke 5 :
Aktifitas :
|
Guru menyampaikan pertanyaan
Guru melakukan apersepsi, menjelaskan tujuan pembelajaran, dan menyampaikan pertanyaan
yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan.
Peserta didik berpikir secara individual
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memikirkan jawaban
dari permasalahan yang disampaikan guru. Langkah ini dapat dikembangkan
dengan meminta peserta didik untuk menuliskan hasil pemikiranyya
masing-masing.
Setiap peserta
didik mendiskusikan hasil pemikiran masing-masing dengan pasangan
Guru
mengorganisasikan peserta didik untuk berpasangan dan memberi kesempatan
kepada peserta
didik untuk mendiskusikan jawaban
yang menurut mereka paling benar atau paling meyakinkan. Guru memotivasi peserta didik untuk aktif dalam kerja
kelompoknya. Pelaksanaan model ini dapat dilengkapi dengan LKS sehingga
kumpulan soal latihan atau pertanyaan yang dikerjakan secara kelompok.
Peserta didik berbagi
jawaban dengan seluruh kelas
Peserta didik mempresentasikan
jawaban atau pemecahan masalah secara individual atau kelompok didepan kelas.
Menganalisis dan
mengevaluasi hasil pemecahan masalah
Guru membantu peserta
didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap hasil pemecahan masalah
yang telah mereka diskusikan
|
No comments:
Post a Comment