contoh
INSTRUMEN LEMBAR
OBSERVASI
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No
|
Aspek pengamatan
|
Keterlaksanaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Menyapa siswa
dan melakukan apersepsi
|
|
|
2
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
|
|
3
|
Guru menyampaikan materi
|
|
|
4
|
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
|
|
|
5
|
Guru mengkondisikan siswa agar duduk bersama kelompoknya
|
|
|
6
|
Guru menjelaskan tentang scramble
|
|
|
7
|
Guru membagikan amplop berisi huruf yang sudah diacak
susunannya kepada setiap kelompok
|
|
|
8
|
Guru menempelkan soal pertama di papan tulis
|
|
|
9
|
Setiap kelompok berdiskusi menyusun kata dalam amplop yang
diberikan
|
|
|
10
|
Kelompok yang telah selesai merangkai huruf menjadi kata
yang benar diminta melapor
|
|
|
11
|
Kelompok pertama yang melapor dan jawabannya benar, berhak
menempelkan hasil rangkaiannya di papan tulis
|
|
|
12
|
Guru menempelkan soal kedua, masing-masing kelompok diberi
amplop berisi huruf yang telah diacak. Dan seterusnya sampai soal terakhir
|
|
|
13
|
Guru meminta siswa untuk kembali duduk bersama kelompoknya
|
|
|
14
|
Guru menempelkan gambar desktop di papan tulis,
bagian-bagian desktop telah di beri nomor 1,2,3 dan seterusnya
|
|
|
15
|
Setiap kelompok diberi kartu berisi nama bagian-bagian
desktop secara acak
|
|
|
16
|
Masing-masing kelompok diberi waktu 3 menit untuk
berdiskusi menentukan pada nomor berapa, dalam gambar, kartu tersebut harus
ditempelkan
|
|
|
17
|
Guru meminta perwakilan kelompok untuk menempelkan kartu
tersebut pada gambar desktop di papan tulis
|
|
|
18
|
Guru mengoreksi hasil kerja siswa
|
|
|
19
|
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
|
|
|
20
|
Menarik kesimpulan
|
|
|
No comments:
Post a Comment