Pembelajaran Group Investigation (GI) adalah salah
satu metode spesialisasi tugas yang dapat membantu menyelesaikan masalah
individual dengan menjadikan tiap peserta didik memiliki tanggung jawab khusus
terhadap konstribusinya sendiri bagi kelompok. Menurut Slavin, R.E (2010: 213),
“Sebuah dasar pemikiran penting bagi spesialisasi tugas adalah bahwa apabila
setiap peserta didik bertanggung jawab atas sebagian dari keseluruhan tugas, maka
masing-masing akan merasa bangga atas kontribusinya terhadap kelompok”.
Group
Investigation (GI) merupakan salah satu bentuk model
pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas peserta
didik untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari
melalui bahan-bahan yang tersedia,misalnya dari buku pelajaran atau peserta
didik dapat mencari melalui internet. Model GI
dapat melatih peserta didik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir mandiri.
Keterlibatan peserta didik secara aktif dapat terlihat mulai dari tahap pertama
sampai tahap akhir pembelajaran.
Langkah-langkah pembelajaran tipe Group Investigation (GI) menurut Trianto
(2007:59) adalah sebagai berikut:
a.
Memilih
topik. Siswa memilih subtopik khusus di dalam suatu daerah masalah umum yang
biasanya diterapkan oleh guru. Selanjutnya
siswa diorganisasikan menjadi dua sampai enam anggota tiap kelompok.
b.
Perencanaan
kooperatif. Siswa dan guru merencanakan prosedur pembelajaran, tugas, dan
tujuan khusus yang konsisten dengan subtopik yang telah dipilih pada tahap
pertama.
c.
Implementasi.
Siswa menerapkan rencana yang telah mereka kembangkan didalam tahap kedua.
d.
Analisis
dan sintesis. Siswa menganalisis dan mensintesis informasi yang diperoleh pada
tahap ketiga dan merencanakan bagaimana informasi tersebut diringkas dan
disajikan.
e.
Presentasi
hasil final. Beberapa atau semua kelompok menyajikan hasil penyelidikan dengan
cara yang menarik pada seluruh kelas, dengan tujuan agar siswa yang saling
terlibat satu sama lain.
f.
Evaluasi.
Dalam hal kelompok-kelompok menanganai aspek yang berbeda
dari topik yang sama, siswa dan guru mengevaluasi tiap konstribusi kelompok
terhadap kerja kelas sebagai suatu keseluruhan, evaluasi yang dilakukan dapat
berupa penilaian individual atau kelompok.
Berdasarkan uraian diatas
langkah-langkah model kooperatif tipe Group
Investigation (GI) diawali dengan memilih topik (subtopik), Kemudian
peserta didik diorganisaikan menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 2 – 6
anggota kelompok. Setelah itu peserta didik dan guru bersama-sama merencanakan
prosedur pembelajaran, tugas serta tujuan yang mengacu pada subtopik kemudian
perencanaan tersebut diterapkan.
Peserta didik harus menganalisis dan
mensintesis informasi yang diperoleh sebelum dipresentasikan oleh beberapa atau
semua kelompok. Setelah itu diadakan evaluasi yang dapat berupa penilaian
individual atau kelompok.
Berbeda halnya dengan Trianto, menurut
Widaningsih, Dedeh (2010:49) langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe GI adalah:
a.
Guru
membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
b.
Guru
menjelaskan maksud pelajaran dan tugas kelompok.
c.
Guru
memanggil para ketua untuk satu materi tugas sehingga sastu kelompok mendapat
tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
d.
Setiap
kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan.
e.
Setelah
selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan
kelompok.
f.
Guru
memberikan penjelesan singkat sekaligus memberi kesimpulan.
g.
Evaluasi
h.
Penilaian
Sejalan dengan Widaningsih, menurut Slavin, R.E (2010:218) langkah-langkah
Pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation (GI) adalah sebagai berikut:
a.
Mengidentifikasi
topik dan mengatur peserta didik ke dalam kelompok
1)
Para
peserta didik meneliti beberapa sumber, mengusulkan sejumlah topik, dan
mengkategorikan saran-saran.
2)
Para
peserta didik bergabung dengan kelompoknya untuk mempelajari topik yang telah
mereka pilih.
3)
Komposisi
kelompok didasarkan pada ketertarikan peserta didik dan harus bersifat
heterogen.
4)
Guru
membantu dalam pengumpulan informasi dan memfasilitasi pengaturan.
b.
Merencanakan
tugas yang akan dipelajari
1)
Para
peserta didik merencanakan bersama mengenai:
Apa yang mereka pelajari?
Bagaimana mereka belajar?
Siapa dan melakukan apa? (pembagian
tugas)
Untuk tujuan atau kepentingan apa mereka
menginvestigasikan topik ini?
c.
Melaksanakan
investigasi
1)
Para
peserta didik mengumpulkan informasi, menganalisis data, dan membuat
kesimpulan.
2)
Tiap
anggota kelompok berkontribusi untuk usaha-usaha yang dilakukan kelompoknya.
3)
Para
peserta didik saling bertukar, berdiskusi, mengklarifikasikan, dan mensintesis
semua gagasan.
d.
Menyiapkan
laporan akhir
1)
Anggota
kelompok menentukan pesan-pesan esensial dari proyek mereka.
2)
Anggota
kelompok merencanakan apa yang akan mereka laporkan, dan bagaimana mereka akan
membuat presentasi mereka.
3)
Wakil-wakil
kelompok membentuk sebuah panitia acara untuk mengkoordinasikan rencana-rencana
presentasi.
e.
Mempresentasikan
laporan akhir
1)
Presentasi
yang dibuat untuk seluruh kelas dalam berbagai macam bentuk.
2)
Bagian
presentasi tersebut harus dapat melibatkan pendengarannya secara aktif.
3)
Para
pendengar tersebut mengevaluasi kejelasan dan penampilan presentasi berdasarkan
kriteria yang telah ditentukan sebelumnya oleh seluruh anggota kelas.
f.
Evaluasi
1)
Para
peserta didik saling memberikan umpan balik mengenai topik tersebut, mengenai
tugas yang telah mereka kerjakan, mengenai keefektifan pengalaman-pengalaman
mereka.
2)
Guru
dan peserta didik berkolaborasi dalam mengevaluasi pembelajaran peserta didik.
3)
Penilaian
atas pembelajaran dalam kelompok harus
mengevaluasi pemikiran paling tinggi.
Berdasarkan teori-teori
model pembelajaran Group Investigation yang akan dilaksanakan dalam
penelitian ini bisa di ilustrasikan sebagai berikut:
a.
Guru
mengidentifikasi topik dan mengatur peserta didik dalam kelompok.
b.
Guru
dan peserta didik merencanakan tugas yang akan dipelajari.
c.
Peserta
didik melaksanakan investigasi.
d.
Setiap
anggota kelompok menyiapkan laporan akhir.
e.
Setelah
menyiapkan laporan akhir, setiap anggota kelompok mempresentasikan dari
hasil investigasi.
f.
Guru
memberikan evaluasi yaitu berupa penilian presentasi kelompok.
No comments:
Post a Comment