Wednesday 9 March 2016

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)


Pembelajaran Group Investigation (GI) adalah salah satu metode spesialisasi tugas yang dapat membantu menyelesaikan masalah individual dengan menjadikan tiap peserta didik memiliki tanggung jawab khusus terhadap konstribusinya sendiri bagi kelompok. Menurut Slavin, R.E (2010: 213), “Sebuah dasar pemikiran penting bagi spesialisasi tugas adalah bahwa apabila setiap peserta didik bertanggung jawab atas sebagian dari keseluruhan tugas, maka masing-masing akan merasa bangga atas kontribusinya terhadap kelompok”.
Group Investigation (GI) merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas peserta didik untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia,misalnya dari buku pelajaran atau peserta didik dapat mencari melalui internet. Model GI dapat melatih peserta didik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir mandiri. Keterlibatan peserta didik secara aktif dapat terlihat mulai dari tahap pertama sampai tahap akhir pembelajaran.
Langkah-langkah pembelajaran tipe  Group Investigation (GI) menurut Trianto (2007:59) adalah sebagai berikut:
a.    Memilih topik. Siswa memilih subtopik khusus di dalam suatu daerah masalah umum yang biasanya diterapkan oleh guru. Selanjutnya  siswa diorganisasikan menjadi dua sampai enam anggota tiap kelompok.
b.   Perencanaan kooperatif. Siswa dan guru merencanakan prosedur pembelajaran, tugas, dan tujuan khusus yang konsisten dengan subtopik yang telah dipilih pada tahap pertama.
c.    Implementasi. Siswa menerapkan rencana yang telah mereka kembangkan didalam tahap kedua.
d.   Analisis dan sintesis. Siswa menganalisis dan mensintesis informasi yang diperoleh pada tahap ketiga dan merencanakan bagaimana informasi tersebut diringkas dan disajikan.
e.    Presentasi hasil final. Beberapa atau semua kelompok menyajikan hasil penyelidikan dengan cara yang menarik pada seluruh kelas, dengan tujuan agar siswa yang saling terlibat satu sama lain.
f.    Evaluasi. Dalam hal kelompok-kelompok menanganai aspek yang berbeda dari topik yang sama, siswa dan guru mengevaluasi tiap konstribusi kelompok terhadap kerja kelas sebagai suatu keseluruhan, evaluasi yang dilakukan dapat berupa penilaian individual atau kelompok.

Berdasarkan uraian diatas langkah-langkah model kooperatif tipe Group Investigation (GI) diawali dengan memilih topik (subtopik), Kemudian peserta didik diorganisaikan menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 2 – 6 anggota kelompok. Setelah itu peserta didik dan guru bersama-sama merencanakan prosedur pembelajaran, tugas serta tujuan yang mengacu pada subtopik kemudian perencanaan tersebut diterapkan.
Peserta didik harus menganalisis dan mensintesis informasi yang diperoleh sebelum dipresentasikan oleh beberapa atau semua kelompok. Setelah itu diadakan evaluasi yang dapat berupa penilaian individual atau kelompok.
Berbeda halnya dengan Trianto, menurut Widaningsih, Dedeh (2010:49) langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe GI adalah:
a.     Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
b.     Guru menjelaskan maksud pelajaran dan tugas kelompok.
c.     Guru memanggil para ketua untuk satu materi tugas sehingga sastu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
d.    Setiap kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan.
e.     Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok.
f.      Guru memberikan penjelesan singkat sekaligus memberi kesimpulan.
g.     Evaluasi
h.     Penilaian

Sejalan dengan Widaningsih, menurut  Slavin, R.E (2010:218) langkah-langkah Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) adalah sebagai berikut:
a.       Mengidentifikasi topik dan mengatur peserta didik ke dalam kelompok
1)        Para peserta didik meneliti beberapa sumber, mengusulkan sejumlah topik, dan mengkategorikan saran-saran.
2)        Para peserta didik bergabung dengan kelompoknya untuk mempelajari topik yang telah mereka pilih.
3)        Komposisi kelompok didasarkan pada ketertarikan peserta didik dan harus bersifat heterogen.
4)        Guru membantu dalam pengumpulan informasi dan memfasilitasi pengaturan.
b.      Merencanakan tugas yang akan dipelajari
1)        Para peserta didik merencanakan bersama mengenai:
Apa yang mereka pelajari?
Bagaimana mereka belajar?
Siapa dan melakukan apa? (pembagian tugas)
Untuk tujuan atau kepentingan apa mereka menginvestigasikan topik ini?
c.       Melaksanakan investigasi
1)        Para peserta didik mengumpulkan informasi, menganalisis data, dan membuat kesimpulan.
2)        Tiap anggota kelompok berkontribusi untuk usaha-usaha yang dilakukan kelompoknya.
3)        Para peserta didik saling bertukar, berdiskusi, mengklarifikasikan, dan mensintesis semua gagasan.
d.      Menyiapkan laporan akhir
1)        Anggota kelompok menentukan pesan-pesan esensial dari proyek mereka.
2)        Anggota kelompok merencanakan apa yang akan mereka laporkan, dan bagaimana mereka akan membuat presentasi mereka.
3)        Wakil-wakil kelompok membentuk sebuah panitia acara untuk mengkoordinasikan rencana-rencana presentasi.
e.       Mempresentasikan laporan akhir
1)        Presentasi yang dibuat untuk seluruh kelas dalam berbagai macam bentuk.
2)        Bagian presentasi tersebut harus dapat melibatkan pendengarannya secara aktif.
3)        Para pendengar tersebut mengevaluasi kejelasan dan penampilan presentasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya oleh seluruh anggota kelas.
f.       Evaluasi
1)        Para peserta didik saling memberikan umpan balik mengenai topik tersebut, mengenai tugas yang telah mereka kerjakan, mengenai keefektifan pengalaman-pengalaman mereka.
2)        Guru dan peserta didik berkolaborasi dalam mengevaluasi pembelajaran peserta didik.
3)        Penilaian atas pembelajaran dalam kelompok  harus mengevaluasi pemikiran paling tinggi.

Berdasarkan  teori-teori  model pembelajaran Group Investigation yang akan dilaksanakan dalam penelitian ini bisa di ilustrasikan sebagai berikut:
a.       Guru mengidentifikasi topik dan mengatur peserta didik dalam kelompok.
b.      Guru dan peserta didik merencanakan tugas yang akan dipelajari.
c.       Peserta didik melaksanakan investigasi.
d.      Setiap anggota kelompok menyiapkan laporan akhir.
e.       Setelah menyiapkan laporan akhir, setiap anggota kelompok mempresentasikan dari hasil  investigasi.

f.       Guru memberikan evaluasi yaitu berupa penilian presentasi kelompok.

No comments:

Post a Comment