CONTOH :
ANALISIS NORMALITAS DATA PRE-TEST KELAS KONVENSIONAL
1. Jumlah
siswa (n) : 40
2. Rata-rata
(M) : 44,98
3. Standar
Deviasi (s) : 8,58
4. Nilai
MAX : 63
5. Nilai
MIN : 27
6. Rentang
Kelas : 63 – 27 = 36
7. Banyak
kelas (k):
k = 1 + (3,3 x log n)
= 1 + (3,3 x log 40)
= 1 + (3,3 x 1,6021)
= 1 + 5,2868
= 6,2868 dibulatkan menjadi 6
8. Panjang
kelas (p):
p =
9.
Daftar kelas, frekuensi harapan (Ei),
frekuensi pengamatan (Oi) dan z untuk batas kelas, luas setiap kelas.
Rumus yang
digunakan
Kelas
|
Oi
|
bk
|
z skor
|
I1
|
I2
|
L
|
Ei
|
|
|
|||
27
|
33
|
5
|
26,5
|
33,5
|
-2,15
|
-1,34
|
0,0158
|
0,0901
|
0,0743
|
2,97
|
4,11
|
1,38
|
34
|
40
|
10
|
33,5
|
40,5
|
-1,34
|
-0,52
|
0,0901
|
0,3015
|
0,2114
|
8,46
|
2,38
|
0,28
|
41
|
47
|
12
|
40,5
|
47,5
|
-0,52
|
0,29
|
0,3015
|
0,6141
|
0,3126
|
12,50
|
0,25
|
0,02
|
48
|
54
|
8
|
47,5
|
54,5
|
0,29
|
1,11
|
0,6141
|
0,8665
|
0,2524
|
10,10
|
4,39
|
0,44
|
55
|
61
|
3
|
54,5
|
61,5
|
1,11
|
1,93
|
0,8665
|
0,97329
|
0,10679
|
4,27
|
1,62
|
0,38
|
62
|
68
|
2
|
61,5
|
68,5
|
1,93
|
2,74
|
0,97329
|
0,9969
|
0,02361
|
0,94
|
1,11
|
1,18
|
Jumlah
|
40
|
0,9827
|
|
3,68
|
10. dk = k –
3 = 6 – 3 = 3
11.
diperoleh menggunakan
formula:
=CHIINV(signifikansi;dk)
=CHIINV(5%;3)
=7,815
12.
maka dapat disimpulkan
bahwa data berdistribusi normal.
ANALISIS NORMALITAS DATA PRE-TEST KELAS SCRAMBLE
1. Jumlah
siswa (n) : 39
2. Rata-rata
(M) : 42,54
3. Standar
Deviasi (s) : 7,34
4. Nilai
MAX : 57
5. Nilai
MIN : 27
6. Rentang
Kelas : 57 – 27 = 30
7. Banyak
kelas (k):
k = 1 + (3,3 x log n)
= 1 + (3,3 x log 39)
= 1 + (3,3 x 1,5911)
= 1 + 5,2505
= 6,2505 dibulatkan menjadi 6
8. Panjang
kelas (p):
p =
9. Daftar
kelas, frekuensi harapan (Ei), frekuensi pengamatan (Oi) dan z untuk batas
kelas, luas setiap kelas.
Rumus yang digunakan
Kelas
|
Oi
|
bk
|
z skor
|
I1
|
I2
|
L
|
Ei
|
|
|
|||
27
|
32
|
4
|
26,5
|
32,5
|
-2,18
|
-1,37
|
0,0146
|
0,0853
|
0,0707
|
2,76
|
1,54
|
0,56
|
33
|
38
|
7
|
32,5
|
38,5
|
-1,37
|
-0,55
|
0,0853
|
0,2912
|
0,2059
|
8,03
|
1,06
|
0,13
|
39
|
44
|
16
|
38,5
|
44,5
|
-0,55
|
0,27
|
0,2912
|
0,6064
|
0,3152
|
12,29
|
13,74
|
1,12
|
45
|
50
|
7
|
44,5
|
50,5
|
0,27
|
1,08
|
0,6064
|
0,8599
|
0,2535
|
9,89
|
8,33
|
0,84
|
51
|
56
|
3
|
50,5
|
56,5
|
1,08
|
1,90
|
0,8599
|
0,9713
|
0,1114
|
4,34
|
1,81
|
0,42
|
57
|
62
|
2
|
56,5
|
62,5
|
1,90
|
2,72
|
0,9713
|
0,9967
|
0,0254
|
0,99
|
1,02
|
1,03
|
Jumlah
|
39
|
|
|
|
|
|
|
0,9821
|
|
|
4,10
|
10. dk = k –
3 = 6 – 3 = 3
11.
diperoleh menggunakan formula:
=CHIINV(sifnifikansi;dk)
=CHIINV(5%;3)
=7,815
12.
maka dapat disimpulkan
bahwa data berdistribusi normal.
UJI HOMOGENITAS
DATA PRE-TEST
KELAS
KONVENSIONAL
Rata-rata (x) = 44,98
|
||||||
Kelas
|
fi
|
xi
|
xi-x
|
(xi-x)2
|
fi(xi-x)2
|
|
27
|
33
|
5
|
30
|
-14,98
|
224,25
|
1121,25
|
34
|
40
|
10
|
37
|
-7,98
|
63,60
|
636,01
|
41
|
47
|
12
|
44
|
-0,98
|
0,95
|
11,41
|
48
|
54
|
8
|
51
|
6,03
|
36,30
|
290,41
|
55
|
61
|
3
|
58
|
13,03
|
169,65
|
508,95
|
62
|
68
|
2
|
65
|
20,03
|
401,00
|
802,00
|
Jumlah
|
40
|
|
|
|
3370,03
|
KELAS
SCRAMBLE
Rata-rata (x) = 42,54
|
||||||
Kelas
|
fi
|
xi
|
xi-x
|
(xi-x)2
|
fi(xi-x)2
|
|
27
|
32
|
4
|
29,50
|
-13,04
|
170,00
|
680,01
|
33
|
38
|
7
|
35,50
|
-7,04
|
49,54
|
346,78
|
39
|
44
|
16
|
41,50
|
-1,04
|
1,08
|
17,25
|
45
|
50
|
7
|
47,50
|
4,96
|
24,62
|
172,32
|
51
|
56
|
3
|
53,50
|
10,96
|
120,16
|
360,47
|
57
|
62
|
2
|
59,50
|
16,96
|
287,69
|
575,39
|
Jumlah
|
39
|
|
|
|
2152,21
|
Homogenitas dihitung dengan menggunakan distribusi F
dengan rumus sebagai berikut:
diperoleh menggunakan formula:
=FINV(sifnifikansi;dkpembilang;dkpenyebut)
=FINV(5%;39;38)
=1,7124
Karena
maka dapat disimpulkan
bahwa data homogen.
Lampiran 15 : Uji
Persamaan Dua Rerata
UJI Persamaan Dua Rerata
(Pengujian menggunakan uji t)
1. Hipotesis
yang akan di uji adalah sebagai berikut:
H0 : tidak terdapat perbedaan rerata nilai pre-test antara siswa yang akan
mendapatkan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe scramble dengan siswa yang akan menggunakan model konvensional.
H1 : terdapat perbedaan rerata nilai pre-test antara siswa yang akan
mendapatkan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe scramble dengan siswa yang akan menggunakan model konvensional.
2. Dari
hasil penghitungan sebelumnya didapat nilai-nilai sebagai berikut:
M1 = 42,54
M2 =
44,98
N1=
39
N2 =
40
S12 = 56,64
S22 = 86,41
3. Mencari
nilai Thitung
4. Mencari
nilai derajat kebebasan (dk)
5. Mencari
nilai ttabel
Untuk
mencari ttabel digunakan formula:
=TINV(signifikansi;derajat kebebasan)
=TINV(5%;77)
=1,9912
ttabel
= 1,9912
6. Pengujian
hipotesis menggunakan pengujian dua pihak, dengan ketentuan sebagai berikut:
Jika -ttabel ≤ thitung
≤
ttabel, maka H0 diterima dan H1 ditolak
Jika -ttabel> thitung > ttabel, maka H1
diterima dan H0 ditolak.
Karena
-ttabel ≤ thitung
≤
ttabel atau -1,991 ≤ -1,282 ≤ 1,991, maka H0
diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan tidak
terdapat perbedaan rerata nilai pre-test
antara siswa yang akan mendapatkan pembelajaran menggunakan model kooperatif
tipe scramble dengan siswa yang akan
menggunakan model konvensional.
Analisis Data
Penelitian Post-Test
ANALISIS NORMALITAS DATA POST-TEST KELAS
KONVENSIONAL
1. Jumlah
siswa (n) : 40
2. Rata-rata
(M) : 75,05
3. Standar
Deviasi (s) : 8,43
4. Nilai
MAX : 90
5. Nilai
MIN : 60
6. Rentang
Kelas : 90 – 60 = 30
7. Banyak
kelas (k):
k = 1 + (3,3
x log n)
= 1 + (3,3 x log 40)
= 1 + (3,3 x 1,6021)
= 1 + 5,2868
= 6,2868 dibulatkan menjadi 6
8. Panjang
kelas (p):
p =
9. Daftar
kelas, frekuensi harapan (Ei), frekuensi pengamatan (Oi) dan z untuk batas kelas,
luas setiap kelas.
Rumus
yang digunakan
Kelas
|
Oi
|
bk
|
z skor
|
I1
|
I2
|
L
|
Ei
|
|
|
|||
60
|
65
|
2
|
59,5
|
65,5
|
-1,85
|
-1,13
|
0,0329
|
0,1314
|
0,0985
|
3,94
|
3,76
|
0,96
|
66
|
71
|
10
|
65,5
|
71,5
|
-1,13
|
-0,42
|
0,1314
|
0,3446
|
0,2132
|
8,53
|
2,17
|
0,25
|
72
|
77
|
11
|
71,5
|
77,5
|
-0,42
|
0,29
|
0,3446
|
0,6217
|
0,2771
|
11,08
|
0,01
|
0,00
|
78
|
83
|
13
|
77,5
|
83,5
|
0,29
|
1,00
|
0,6217
|
0,8485
|
0,2268
|
9,07
|
15,43
|
1,70
|
84
|
89
|
2
|
83,5
|
89,5
|
1,00
|
1,71
|
0,8485
|
0,9599
|
0,1114
|
4,46
|
6,03
|
1,35
|
90
|
95
|
2
|
89,5
|
95,5
|
1,71
|
2,43
|
0,9599
|
0,9932
|
0,0333
|
1,33
|
0,45
|
0,34
|
Jumlah
|
40
|
0,9603
|
|
4,60
|
10. dk = k –
3 = 6 – 3 = 3
11.
diperoleh
menggunakan formula:
=CHIINV(signifikansi;dk)
=CHIINV(5%;3)
=7,815
12.
maka dapat disimpulkan
bahwa data berdistribusi normal.
ANALISIS NORMALITAS DATA POST-TEST KELAS …….
1. Jumlah
siswa (n) : 39
2. Rata-rata
(M) : 80,03
3. Standar
Deviasi (s) : 9,48
4. Nilai
MAX : 97
5. Nilai
MIN : 53
6. Rentang
Kelas : 97 – 53 = 44
7. Banyak
kelas (k):
k = 1 + (3,3 x log n)
= 1 + (3,3 x log 39)
= 1 + (3,3 x 1,5911)
= 1 + 5,2505
= 6,2505 dibulatkan menjadi 6
8. Panjang
kelas (p):
p =
,33 dibulatkan menjadi 7
9. Daftar
kelas, frekuensi harapan (Ei), frekuensi pengamatan (Oi) dan z untuk batas kelas,
luas setiap kelas.
Rumus yang digunakan
Kelas
|
Oi
|
bk
|
z skor
|
I1
|
I2
|
L
|
Ei
|
|
|
|||
53
|
60
|
1
|
52,5
|
60,5
|
-2,90
|
-2,06
|
0,0019
|
0,0197
|
0,0178
|
0,69
|
0,09
|
0,13
|
61
|
68
|
3
|
60,5
|
68,5
|
-2,06
|
-1,22
|
0,0197
|
0,1112
|
0,0915
|
3,57
|
0,32
|
0,09
|
69
|
76
|
5
|
68,5
|
76,5
|
-1,22
|
-0,37
|
0,1112
|
0,3557
|
0,2445
|
9,54
|
20,57
|
2,16
|
77
|
84
|
17
|
76,5
|
84,5
|
-0,37
|
0,47
|
0,3557
|
0,6808
|
0,3251
|
12,68
|
18,67
|
1,47
|
85
|
92
|
10
|
84,5
|
92,5
|
0,47
|
1,32
|
0,6808
|
0,9066
|
0,2258
|
8,81
|
1,43
|
0,16
|
93
|
100
|
3
|
92,5
|
100,5
|
1,32
|
2,16
|
0,9066
|
0,9846
|
0,078
|
3,04
|
0,00
|
0,00
|
Jumlah
|
39
|
|
|
|
|
|
|
0,9827
|
|
|
4,02
|
10. dk = k –
3 = 6 – 3 = 3
11.
diperoleh menggunakan formula:
=CHIINV(sifnifikansi;dk)
=CHIINV(5%;3)
=7,815
12.
maka dapat disimpulkan
bahwa data berdistribusi normal.
UJI HOMOGENITAS
DATA POST-TEST
KELAS KONVENSIONAL
Rata-rata (x) = 75,05
|
||||||
Kelas
|
fi
|
xi
|
xi-x
|
(xi-x)2
|
fi(xi-x)2
|
|
60
|
65
|
2
|
62,50
|
-12,55
|
157,50
|
315,01
|
66
|
71
|
10
|
68,50
|
-6,55
|
42,90
|
429,03
|
72
|
77
|
11
|
74,50
|
-0,55
|
0,30
|
3,33
|
78
|
83
|
13
|
80,50
|
5,45
|
29,70
|
386,13
|
84
|
89
|
2
|
86,50
|
11,45
|
131,10
|
262,21
|
90
|
95
|
2
|
92,50
|
17,45
|
304,50
|
609,01
|
Jumlah
|
40
|
|
|
|
2004,70
|
KELAS SCRAMBLE
Rata-rata (x) = 80,03
|
||||||
Kelas
|
fi
|
xi
|
xi-x
|
(xi-x)2
|
fi(xi-x)2
|
|
53
|
60
|
1
|
56,50
|
-23,53
|
553,46
|
553,46
|
61
|
68
|
3
|
64,50
|
-15,53
|
241,05
|
723,14
|
69
|
76
|
5
|
72,50
|
-7,53
|
56,64
|
283,18
|
77
|
84
|
19
|
80,50
|
0,47
|
0,23
|
4,28
|
85
|
92
|
8
|
88,50
|
8,47
|
71,81
|
574,52
|
93
|
100
|
3
|
96,50
|
16,47
|
271,40
|
814,21
|
Jumlah
|
39
|
|
|
|
2952,78
|
Homogenitas dihitung dengan menggunakan distribusi F
dengan rumus sebagai berikut:
diperoleh menggunakan formula:
=FINV(sifnifikansi;dkpembilang;dkpenyebut)
=FINV(5%;38;39)
=1,7087
Karena
maka dapat disimpulkan
bahwa data homogen.
Lampiran 17 : Uji
Hipotesis
UJI HIPOTESIS
(Pengujian menggunakan uji t)
1. Hipotesis
yang akan di uji adalah sebagai berikut:
H0 : Rerata
hasil belajar siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan model kooperatif
tipe scramble lebih kecil/sama
dibandingkan dengan rerata peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan
model pembelajaran konvensional
H1 : Rerata
hasil belajar siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan model kooperatif
tipe scramble lebih baik dibandingkan
dengan rerata peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran konvensional
2. Dari
hasil penghitungan sebelumnya didapat nilai-nilai sebagai berikut:
M1 = 80,03
M2 = 75,05
N1=
39
N2 =
40
S12 = 77,70
S22 = 51,40
3. Mencari
nilai Thitung
4. Mencari
nilai derajat kebebasan (dk)
5. Mencari
nilai ttabel
Untuk
mencari ttabel digunakan formula:
=TINV(signifikansi;derajat kebebasan)
=TINV(5%;77)
=1,9912
ttabel
= 1,9912
6. Pengujian
hipotesis menggunakan pengujian pihak kanan, dengan ketentuan sebagai berikut:
Jika thitung
≤
ttabel, maka H0 diterima dan H1 ditolak
Jika thitung
> ttabel, maka H1
diterima dan H0 ditolak.
Karena
thitung
> ttabel atau 2,478 >1,9912, maka
H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa rerata
hasil belajar siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan model kooperatif
tipe scramble lebih baik dibandingkan
dengan rerata peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran konvensional.
No comments:
Post a Comment