Bab
ini akan akan diuraikan mengenai kesimpulan yang diperoleh untuk menjawab
masalah penelitian dan saran-saran sebagai bahan pertimbangan untuk penelitian
selanjutnya.
A.
Kesimpulan
Berdasarkan
hasil analisis data, temuan dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan penelitian
sebagai berikut :
1. Indeks Prestasi Sampel pada
sampel penelitian mengalami peningkatan untuk tiap seri pembelajaran setelah
diimplementasikan Model PBI. Pada
seri pembelajaran I sebesar 71.58, pada seri pembelajaran II sebesar 81.19 dan
pada pembelajaran seri III sebesar 78.51. Yang masing-masing berada dalam kategori
sedang, tinggi dan sedang.
- Penguasaan konsep siswa pada materi pokok
pemantulan cahaya pada cermin lengkung setelah diimplementasikan model Pembelajaran
Berdasarkan Masalah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari
perbedaan yang signifikan pada taraf kepercayaan 0,05 antara skor gain
pembelajaran seri I (gain 1) dan skor gain pembelajaran seri II (gain 2),
demikian juga antara skor gain seri
III (gain 3) dan gain 1. namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan
antara gain 2 dan gain 3. Dengan melihat skor gain rata-rata yaitu gain 3
> gain 2 > gain 1 maka dapat disimpulkan adanya peningkatan
penguasaan konsep dari seri I ke seri II dan dari seri II ke seri III.
3.
Model
PBI dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada
materi pokok pemantulan cahaya pada cermin lengkung untuk tiap seri. Dan jika dilihat dari efektivitas
pembelajaran, pembelajaran dengan menggunakan Model PBI termasuk dalam kategori sedang atau cukup efektif untuk diterapkan di
kelas.
4. Sebanyak 82.52 % siswa menyatakan
suka dengan Model PBI, alasannya beragam seperti menyenangkan, asyik, bisa tukar pendapat, melatih untuk menyelesaikan permasalahan,
menumbuhkan keberanian dalam memecahkan suatu masalah, memberi kesempatan untuk
mencari alternatif jawaban yang paling baik, terasa manfaatnya karena
permasalahan yang diangkat merupakan permasalahan yang biasa terjadi dalam
kehidupan sehari-hari.
B. Saran
Adapun saran dari penelitian ini
diantaranya:
1. Dalam hal pembuatan instrumen harus
memperhatikan hal-hal berikut yaitu :
a. Tempat pengujian instrumen harus yang
benar-benar bisa menggambarkan keadaan kelas sampel penelitian.
b. Ujicoba lebih luas dan validasi model.
c. Dalam pembuatan instrumen sebaiknya
memperhatikan tingkat kemampuan siswa yang heterogen dan berbagai kendala dalam
proses pembelajaran.
2. Tersedianya Lembar Kerja
Siswa yang refresentatif yang dapat mempermudah siswa dalam melakukan
penyelidikan.
3. Sebelum melaksanakan model PBI pada
materi pokok pemantulan cahaya ini, sebaiknya guru terlebih dahulu memberikan
pengajaran tambahan mengenai operasi bilangan pecahan pada siswa sebagai
kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa agar dapat mencapai ketuntasan
dalam materi pemantulan cahaya terutama pada submateri perhitungan pada cermin
cekung dan cermin cembung.
4. Bagi guru yang akan
menggunakan model pembelajaran ini, hendaknya menguasai betul model PBI agar pembelajaran berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang semestinya.
5. Penerapan model hendaknya
memperhatikan berbagai kendala yang dirasakan oleh guru diantaranya dari segi
fasilitas pembelajaran dan waktu sehingga model pembelajaran yang telah disusun
dapat diimplementasikan pada pembelajaran selanjutnya.
6. Penelitian lebih diarahkan
untuk meningkatkan tahap mempresentasikan hasil penyelidikan guna meningkatkan
kemampuan matematis dan komunikasi siswa.
No comments:
Post a Comment