Wednesday, 20 April 2016

Contoh BAB V skripsi Model PBI



            Bab ini akan akan diuraikan mengenai kesimpulan yang diperoleh untuk menjawab masalah penelitian dan saran-saran sebagai bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya.

A.    Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data, temuan dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan penelitian sebagai berikut :

1.      Indeks Prestasi Sampel pada sampel penelitian mengalami peningkatan untuk tiap seri pembelajaran setelah diimplementasikan Model PBI. Pada seri pembelajaran I sebesar 71.58, pada seri pembelajaran II sebesar 81.19 dan pada pembelajaran seri III sebesar 78.51.  Yang masing-masing berada dalam kategori sedang, tinggi dan sedang.

  1. Penguasaan konsep siswa pada materi pokok pemantulan cahaya pada cermin lengkung setelah diimplementasikan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan yang signifikan pada taraf kepercayaan 0,05 antara skor gain pembelajaran seri I (gain 1) dan skor gain pembelajaran seri II (gain 2), demikian juga antara  skor gain seri III (gain 3) dan gain 1. namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara gain 2 dan gain 3. Dengan melihat skor gain rata-rata yaitu gain 3 > gain 2 > gain 1 maka dapat disimpulkan adanya peningkatan penguasaan konsep dari seri I ke seri II dan dari seri II ke seri III.
3.      Model PBI dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi pokok pemantulan cahaya pada cermin lengkung untuk tiap seri. Dan jika dilihat dari efektivitas pembelajaran, pembelajaran dengan menggunakan Model PBI termasuk dalam kategori sedang atau cukup efektif untuk diterapkan di kelas.

4.      Sebanyak 82.52 % siswa menyatakan suka dengan Model PBI, alasannya beragam seperti menyenangkan, asyik, bisa tukar pendapat,  melatih untuk menyelesaikan permasalahan, menumbuhkan keberanian dalam memecahkan suatu masalah, memberi kesempatan untuk mencari alternatif jawaban yang paling baik, terasa manfaatnya karena permasalahan yang diangkat merupakan permasalahan yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari.


B.     Saran

            Adapun saran dari penelitian ini diantaranya:
1.      Dalam hal pembuatan instrumen harus memperhatikan hal-hal berikut yaitu :
a.       Tempat pengujian instrumen harus yang benar-benar bisa menggambarkan keadaan kelas sampel penelitian.
b.       Ujicoba lebih luas dan validasi model.
c.       Dalam pembuatan instrumen sebaiknya memperhatikan tingkat kemampuan siswa yang heterogen dan berbagai kendala dalam proses pembelajaran.
2.      Tersedianya Lembar Kerja Siswa yang refresentatif yang dapat mempermudah siswa dalam melakukan penyelidikan.
3.      Sebelum melaksanakan model PBI pada materi pokok pemantulan cahaya ini, sebaiknya guru terlebih dahulu memberikan pengajaran tambahan mengenai operasi bilangan pecahan pada siswa sebagai kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa agar dapat mencapai ketuntasan dalam materi pemantulan cahaya terutama pada submateri perhitungan pada cermin cekung dan cermin cembung.
4.      Bagi guru yang akan menggunakan model pembelajaran ini, hendaknya menguasai betul model PBI agar pembelajaran berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang semestinya.
5.      Penerapan model hendaknya memperhatikan berbagai kendala yang dirasakan oleh guru diantaranya dari segi fasilitas pembelajaran dan waktu sehingga model pembelajaran yang telah disusun dapat diimplementasikan pada pembelajaran selanjutnya.

6.      Penelitian lebih diarahkan untuk meningkatkan tahap mempresentasikan hasil penyelidikan guna meningkatkan kemampuan matematis dan komunikasi siswa.

No comments:

Post a Comment