KISI-KISI TES
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
No. Item/Soal
|
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala
nasional pada masa Hindu, Budha dan Islam, keragaman, kenampakan alam dan
suku bangsa serta kegiatan ekonomi di
|
Mengenal makna peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa
Hindu Budha dan Islam di Indonesia
|
- Menceritakan
peninggalan sejarah yang bercorak Hindu
- Menceritakan
kejayaan Majapahit dan peranan Gajah Mada dalam upaya menyatukan nusantara
- Mengidentifikasi
peninggalan sejarah yang bercorak Budha di berbagai daerah di
- Menceritakan
Sriwijaya sebagai kerajaan maritime dan pusat penyebaran agama Budha
- Mengidentifikasi
peninggalan sejarah yang bercorak Islam di Indonesia
- Menceritakan
sejarah yang bercorak Islam (misal : Mesjid, Pesantren, Tradisi agama)
- Menceritakan
tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di
|
1
2,
32, 35, 39
3,
33
4,
25
5,
37
6,
34
26
|
|
Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu Budha dan Islam di
Indonesia
|
- Menceritakan
tokoh-tokoh kerajaan Hindu di berbagai daerah di Indonesia
- Menceritakan
tokoh-tokoh kerajaan Budha di berbagai daerai di
|
7,
36
8
|
|
- Menceritakan
tokoh-tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di
- Menceritakan
salah satu kerajaan Islam di Indonesia
|
9
10
|
|
|
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah
waktu di
|
- Mengidentifikasi
ciri-ciri kenampakan alam wilayah
- Mengidentifikasi
ciri dan sifat cuaca/iklim di wilayah
- Mengidentifikasi
kenampakan buatan di wilayah
- Menjelaskan
keuntungan dan kerugian pembangunan kenampakan buatan bagi masyarakat
setempat
- Menjelaskan
cara pembagian daerah waktu di
- Menjelaskan
peta pembagian daerah waktu di
- Menghitung
cara pembagian daerah waktu di
|
11,
31
12,
38
13,
27
14
15,
28
16,
40
17
|
|
Mengenal jenis-jenis usaha di
|
- Menyebutkan
jenis usaha perekonomian dalam masyarakat
- Memberikan
contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
- Memberikan
contoh cara menghargai kegiatan setiap orang dalam berusaha
|
18
19,
30
20
|
|
|
- Memberi
contoh kegiatan produksi distribusi dan konsumsi di
|
21
|
|
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di
|
- Mengidentifikasi
keragaman suku bangsa yang terdapat di
- Mengembangkan
sikap menghormati keragaman suku bangsa
- Mengidentifikasi
keragaman budaya yang terdapat di
|
22
23,
29
24
|
KISI-KISI ANGKET KONTRIBUSI EDUKATIF ORANG TUA
No
|
Indikator
|
Sub Indikator
|
No. Soal
|
Jumlah Soal
|
|
Pernyataan Positif
|
Pernyataan Negatif
|
||||
1
|
Memberikan dasar pendidikan
|
- Memberikan
motivasi dalam belajar
- Memberikan
fasilitas dalam belajar
- Membangkitkan
cita-cita dalam belajar
|
39,
22, 9, 21
|
1,
5, 27, 33
|
8
|
2
|
Sikap orang tua terhadap belajar siswa
|
Sikap
orang tua terhadap belajar siswa
|
40,
23, 6, 7, 8, 32, 25
|
2,
4, 36, 15, 24, 38, 35
|
14
|
3
|
Memberikan keterampilan dasar pada siswa
|
- Pendidikan
agama
- Budi
pekerti
- Sopan
santun
- Estetika
- Kasih
sayang
- Rasa
aman
- Dasar-dasar
mematuhi peratura
- Kebiasaan
dalam belajar
|
28
3
18
19
29
13
17
11,
15, 16
|
34
14
10
12
36
37
31
20,
26, 30
|
2
2
2
2
2
2
2
6
|
No
|
Indikator
|
Sub Indikator
|
No. Soal
|
Jumlah Soal
|
|
Pernyataan Positif
|
Pernyataan Negatif
|
||||
|
Pemberian
bimbingan dan nasihat
|
- Membangkit cita-cita
- Membimbing menyelesaikan tugas pelajaran
- Bimbingan dan nasehatan terhadap perilaku dan sikap anak
|
|
|
|
|
Pengawasan
terhadap belajar anak
|
- Disiplin belajar
- Sikap terhadap belajar dan hasil belajar anak
- Pengawasan terhadap pergaulan anak
|
|
|
|
|
Pemberian
Motivasi dan Penghargaan
|
- Pujian atau hadiah prestasi belaar
- Motivasi belajar
- Menciptakan situasi lingkungan yang sehat
|
|
|
|
|
Pemenuhan
kebutuhan belajar anak
|
- Sarana belajar
- Fasilitas belajar
|
|
|
|
SOAL TES PENELITIAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : V (Lima )
1.
Kerajaan Hindu pertama di Indonesia
adalah …
a. Kutai c.
Kelingga
b. Tarumanegara d.
Kediri
2.
Patih Kerajaan Majapahit yang
terkenal dengan ucapan Sumpah Palapa
yaitu …
a. Ken Arok c.
Gajah Mada
b. Hayam Wuruk d.
Jayanegara
3.
Salah satu candi peninggalan
kerajaan Budha yaitu …
a. Candi Prambanan c.
Candi Borobudur
b. Candi Jago d.
Candi Kidal
4.
Kerajaan Sriwijaya selain sebagai
pusat kerajaan maritim dan pusat perdagangan di Asia Tenggara, juga sebagai
pusat pendidikan dan penyebaran agama …
a. Hindu c.
Kongkhucu
b. Islam d.
Budha
5.
Peninggalan sejarah bercorak Islam
berupa hasil seni ukir yang di tulis dalam hurup arab disebut …
a. kaligrafi c.
biografi
c. pantografi d.
geografi
6.
Peristiwa diturunkannya kitab suci
Al-Qur’an yang diperingati umat Islam setiap tahun disebut …
a. Nujulul Qur’an c.
Idul Fitri
b. Isra Mi’raj d.
Maulud Nabi
7.
Salah satu bagian wali songo yang
bermukim di Cirebon Jawa Barat yaitu …
a. Sunan Kalijaga c.
Sunan Kudus
b. Sunan Muria d.
Sunan Gunung Jati
8.
Raja kerajaan Tarumanegara yang
terkenal adalah …
a. Mulawarman c.
Asmawarman
b. Purnawarman d.
Kudungga
9.
Raja yang terkenal dari Aceh
adalah …
a. Sultan Malik Al Tahir c. Sultan Malik Al Saleh
b. Sultan Alaudin d.
Sultan Iskandar Muda
10. Berikut adalah kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, kecuali …
a. Tarumanegara c.
Aceh
b. Banten d.
Samudra Pasai
11. Warna kuning pada peta adalah simbol untuk daerah …
a. perairan c.
dataran tinggi
b. dataran rendah d.
pegunungan
12. Industri yang sangat tergantung pada cahaya matahari adalah …
a. pembuatan garam c.
pembuatan tahu tempe
b. pembuatan pakaian d.
pembuatan barang elektronik
13. Aliran sungai Citarum yang digunakan sebagai PLTA Jatiluhur dan
PLTA Saguling terdapat di pulau …
a. Sulawengi c.
Kalimantan
b. Jawa d.
Sumatra
14. Jalan yang menghubungkan ibu kota
provinsi yang satu dengan ibu kota
provinsi lainnya disebut …
a. jalan desa c.
jalan provinsi
b. jalan kabupaten d.
jalan negara
15. Adanya pembagian waktu Indonesia yang berbeda karena
faktor …
a. letak geografis c.
geologis
b. letak astronomis d.
iklim dan cuaca
16. Kota
yang termasuk wilayah waktu WIB adalah …
a. Mamuju, Maumere, Kupang c. Bali, Pontianak ,
Banjarmasin
b. Jakarta , Surabaya , Bali d.
Riau, Pekanbaru, Jakarta
17. Di Tasikmalaya pukul 11.00 pada waktu yang sama di Wasior pukul
…
a. 10.00 c.
12.00
b. 11.00 d.
13.00
18. Sandang, pangan, papan termasuk kebutuhan …
a. primer c.
tersier
b. sekunder d.
tambahan
19. Koperasi yang anggotanya terdiri dari para siswa di sekolah
disebut …
a. koperasi sekolah c.
koperasi produksi
b. KUD d.
koperasi konsumen
20. Yang tidak termasuk usaha di bidang jasa adalah …
a. dokter c.
pedagang
b. guru d.
montir mobil
21. Kegiatan menghasilkan barang atau jasa disebut …
a. konsumsi c.
distribusi
b. produksi d.
perdagangan
22. Bangsa Indonesia
paling banyak memiliki suku bangsa, terutama kelompok etnis melayu dari rumpun
bangsa …
a. Mongoloid c.
Austronesia
b. Malanesia d.
Negroid
23. Sikap menghormati keanekaragaman kebudayaan tampak dalam
tindakan …
a. hanya mau menonton pertunjukan kesenian tradisional
daerah sendiri saja
b. mau belajar berbagai jenis seni tradisional
c. mencela pertunjukan kesenian suku bangsa lain
d. mengganti kesenian tradisional dengan budaya asing
24. Walaupun berbeda suku bangsa, berbeda adat istiadat, dan berbeda
budaya tetapi bangsa Indonesia
tetap satu jua, merupakan pengertian dari …
a. Dasar Negara c.
Bendera Negara
b. Lambang Negara d.
Semboyan Negara
25. Kerajaan Sriwijaya berdiri pada abad ke-7 dengan pusat
pemerintahannya di sekitar …
a. Sungai Kampar c.
Sungai Musi
b. Sungai Mahakam d.
Sungai Brantas
26. Kerajaan Islam Ternate mencapai masa kejayaannya pada masa
pemerintahan …
a. Sultan Baabullah c.
Ibrahim
b. Sultan Iskandar Muda d.
Hasanudin
27. Berikut ini contoh kenampakan buatan yaitu …
a. Waduh, Pelabuhan, Bendungan c. Bandara, Sungai, Selat
b. Danau, Sungai, Pantai d. Pantai, waduk, Kawasan Industri
28. Kita dapat menerima kebudayaan asing jika …
a. Mendatangkan untung besar c. Memperkaya kebudayaan kita
b. Dapat menghasilkan uang d. Sesuai dengan moral bangsa kita
29. Di bawah ini kota yang termasuk waktu Indonesia Bagian Barat
adalah …
a. Ujung Pandang c.
Biak
b. Bandung d.
Ambon
30. CV (Commanditaire
Vennostshao) adalah salah satu jenis usaha yang di kelola secara …
a. Individu c.
Kelompok
b. Perseorangan d.
Umum
31. Danau Toba terletak di provinsi …
a. Lampung c.
Sumatra Barat
b. Bengkulu d.
Sumatra Utara
32. Ungkapan “Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa” terdapat
pada kitab …
a. Sutasoma c.
Pararaton
b. Bharatayuda d.
Arjunawiwaha
33. Kerajaan berikut yang bercorak Budha adalah kerajaan …
a. Sriwijaya c.
Majapahit
b. Banten d.
Kutai
34. Peninggalan sejarah berikut ini yang bercorak Islam adalah …
a. stupa c.
candi
b. kaligrafi d.
patung
35. Pendiri dan raja pertama kerajaan Majapahit adalah …
a. Hayam Wuruk c.
Kudungga
b. Ken Arok d.
Raden Wijaya
36. Mulawarman adalah raja kerajaan …
a. Kutai c.
Tarumanagara
b. Majapahit d.
Singasari
37. Kerajaan Islam pertama di Indonesia …
a. Samudra Pasai c.
Demak
b. Banten d.
Mataram
38. Garis khatulistiwa melewati kota …
a. Jakarta c.
Bandung
b. Pontianak d.
Makasar
39. Ketika diangkat menjadi maha patih Majapahit, Gajah Mada
mengucapkan sumpah …
a. Pemuda c.
Palapa
b. Prajurit d.
Sejati
40. Daerah yang termasuk Waktu Indonesia Tengah (WITA) diantaranya
yaitu …
a. Sumatera c.
Kalimantan Timur
b. Kalimantan Barat d. Maluku
ANGKET
KONTRIBUSI EDUKATIF ORANG TUA
Nama Lengkap :
Kelas :
No. Absen :
Sekolah : SDN Setiamulya V Kota Tasikmalaya
Petunjuk :
1.
Sebelum mengisi bacalah pernyataan
pada setiap nomor dengan teliti.
2.
Tidak ada jawaban benar atau salah
terhadap pernyataan tersebut.
3.
Isilah jawaban dengan tanda check
list (ü)
pada salah satu kolom yang sudah disediakan !
4.
Jawablah dengan jujur sesuai
dengan keadaan yang sebenarnya !
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
||
1
|
Orang tua saya tidak peduli,
apakah saya mau sekolah atau tida sekolah
|
|
|
|
|
2
|
Saya diajarkan oleh orang tua
bersikap ramah hanya kepada orang yang ramah terhadap kita
|
|
|
|
|
3
|
Orang tua mengajarkan saya
untuk bergaul dengan siapa saja/tidak membeda-bedakan teman
|
|
|
|
|
4
|
Saya tidak dibiasakan oleh
orang tua untuk bangun pagi
|
|
|
|
|
5
|
Orang tua saya tidak menegur,
ketika saya malas pergi ke sekolah
|
|
|
|
|
6
|
Orang tua saya selalu
membimbing, ketika ada kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah
|
|
|
|
|
7
|
Orang tua suka memberi pujian
ketika saya mendapat nilai bagus
|
|
|
|
|
8
|
Orang tua saya selalu
menanamkan disiplin
|
|
|
|
|
9
|
Orang tua menasehati dan
mendorong saya untuk lebih giat belajar ketika nilai saya kurang baik
|
|
|
|
|
10
|
Saya tidak diajarkan orang tua
untuk bersikap sopan santun
|
|
|
|
|
11
|
Orang tua tidak membiasakan
saya untuk mengucapkan salam sebelum berangkat ke sekolah
|
|
|
|
|
12
|
Orang tua tidak mengharuskan
saya untuk berpakaian rapi sebelum berangkat sekolah
|
|
|
|
|
13
|
Saya merasa aman dan nyaman
ketika dekat dengan orang tua
|
|
|
|
|
14
|
Orang tua tidak mengharuskan
saya untuk berbuat baik kepada siapa saja
|
|
|
|
|
15
|
Orang tua tidak mengatur waktu
belajar saya ketika di rumah
|
|
|
|
|
16
|
Orang tua mengharuskan saya
untuk mengerjakan PR
|
|
|
|
|
17
|
Orang tua mengharuskan saya
untuk mematuhi peraturan di sekolah dan di rumah
|
|
|
|
|
18
|
Saya diajarkan oleh orang tua
untuk bersikap sopan
|
|
|
|
|
19
|
Ketika mau berangkat sekolah,
orang tua saya merapikan seragam sekolah yang saya pakai
|
|
|
|
|
20
|
Orang tua membiasakan saya
untuk mengucapkan salam
|
|
|
|
|
21
|
Orang tua saya menyediakan buku
tulis, pensil dan alat tulis untuk keperluan belajar
|
|
|
|
|
22
|
Orang tua saya menegur ketika
saya malas pergi ke sekolah
|
|
|
|
|
23
|
Saya dibiasakan oleh orang tua
untuk bangun pagi
|
|
|
|
|
24
|
Orang tua tidak menanamkan
disiplin kepada saya
|
|
|
|
|
25
|
Orang tua saya suka memberi
semangat ketika saya malas belajar
|
|
|
|
|
26
|
Orang tua mengatur waktu
belajar saya ketika berada di rumah
|
|
|
|
|
27
|
Orang tua saya acuh tak acuh
ketika nilai saya kurang baik
|
|
|
|
|
28
|
Orang tua mengharuskan saya
untuk sekolah agama
|
|
|
|
|
29
|
Orang tua memberikan saya uang
jajan setiap hari
|
|
|
|
|
30
|
orang tua tidak mengharuskan
saya untuk mengerjakan PR
|
|
|
|
|
31
|
Orang tua tidak mengharuskan
saya untuk mematuhi peratur di rumah dan di sekolah
|
|
|
|
|
32
|
Orang tua saya merespon, ketika
saya bertanya kepada orang tua tentang pelajaran yang tidak dimengerti
|
|
|
|
|
33
|
Orang tua tidak menyediakan
buku tulis untuk keperluan belajar saya
|
|
|
|
|
34
|
Orang tua tidak mengharuskan saya
untuk sekolah agama
|
|
|
|
|
35
|
Orang tua acuh tak acuh ketika
saya malas belajar
|
|
|
|
|
36
|
Orang tua saya tidak memberikan
uang jajan setiap hari
|
|
|
|
|
37
|
Ketika saya dekat dengan orang
tua, saya merasa tidak aman dan tidak nyaman
|
|
|
|
|
38
|
Orang tua saya tidak merespon
ketika saya bertanya tentang pelajaran yang tidak dimengerti
|
|
|
|
|
39
|
Orang tua saya sangat peduli
apabila saya sekolah atau tidak sekolah
|
|
|
|
|
40
|
Orang tua mengajarkan saya
untuk bersikap ramah kepada siapa saja
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment